Lihat ke Halaman Asli

Rahasia dibalik Membeludaknya Jemaah Sabilu Taubah

Diperbarui: 29 Oktober 2023   04:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar YouTube ronron channel.

Al-Quran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad lewat perantara malaikat Jibril. Al-Quran sendiri memiliki banyak macam-macam ilmu didalamnya, salah satunya adalah ilmu kehidupan. Nah, didalam ilmu kehidupan tersebut ada berbagai tokoh agama yang mengkaji tentang ilmu-ilmu kehidupan salah satunya adalah Gus Iqdam, beliau adalah sosok tokoh Agama yang tengah kondang saat ini sekaligus pendiri majelis taklim sabilu taubah yang dalam satu acara pengajianya terdapat puluhan ribu orang yang menghadirinya. Dalam konteks ini akan dibahas; Siapakah Gus Iqdam? mengapa beliau kini terkenal? mengapa jemaah nya bisa begitu banyak?

Muhammad Iqdam Chalid atau biasa di kenal Gus iqdam adalah tokoh agama muda Nahdlatul Ulama, sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam dua di desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dan pendiri majelis taklim Sabilu Taubah. Beliau lahir di Blitar pada tanggal 27 September 1993, anak dari pasangan K. H. Kholid (ayah), Ny. Lamatul Walidah (ibu). beliau juga sudah mempunyai istri yang Bernama Nilatin Nihayah, dan dikaruniai seorang putra Bernama Ahmad Novel. (Affandi, Muh 2023).

Gus iqdam dikenal banyak kalangan karena ceramahnya yang milenial, lucu, kocak, dan membaur dengan semua kalangan muda dan tua. Di dalam pengajianya, Gus iqdam mempunyai slogan yang begitu fenomenal bahkan disebut-sebut sebagai sloganya Majelis taklim Sabilu Taubah yaitu "dekengane pusat". Gus iqdam menyebut istilah tersebut menjadi salah satu keberkahan yang beliau dapat dari para gurunya yang telah mendidik dan mengajarinya di pondok pesantren. jelasnya pada tayangan YouTube NU channel (2/8/2023).

Saat itu dalam pengajian rutinanya yang dihadiri oleh puluhan ribu jamaah, Gus Iqdam sedang menerangkan fadilah atau keutamaan salat qabliyah subuh. "Salat qabliyah subuh itu kan fadilahnya banyak sekali termasuk bisa menyembuhkan penyakit dan bisa menaikkan derajat". Jelasnya pada tayangan YouTube NU Channel (2/8/2023). Dalam kesempatan tersebut dihadiri para kyai dan pejabat yang mengikuti pengajian. "saya bilang (ke jamaah), Ketika anda mau melaksanakan salat sunah apapun itu, utamanya salat qobliyah subuh saya jamin dekenganmu pusat," ungkapnya. 

Input sumber gambar channel YouTube NU channel 

Menurut saya kata pusat yang dimaksud Gus Iqdam adalah Allah Swt yang memiliki kekuasaan paling tinggi dan mengatur segala sesuatu yang ada di dunia ini. Sehingga, manusia yang tetap konsisten beribadah akan senantiasa dilindungi Allah Swt, serta akan hidup dalam kenyamanan. 

Selain dekengane pusat ada juga istilah lainya yang digunakan oleh Gus Iqdam yaitu "wonge teko" (orangnya datang), yaitu kalimat pertanyaan yang digunakan Ketika memberikan contoh kepada seseorang dalam materi pengajianya. Diantaranya yang diungkapkan didalam salah satu pengajianya "besok di akhirat harta bendamu juga akan dimintai pertanggung jawaban, jika hartamu ini kamu dapatkan dari permainan slot maka hidupmu akan ruwet, iki wonge yo teko." Jelasnya pada tayangan YouTube Gus Iqdam official (12/6/2023).

Gus Iqdam setelah mendirikan majelis taklim Sabilu Taubah pada Desember 2018, beliau memulai rutinitas dakwahnya dengan jamaah kisaran tujuh orang. Namun, selang berapa tahun Majelis tersebut sudah banyak dikenal Masyarakat bahkan dikalangan milenial, hingga sampai mencapai puluhan ribuan jemaah. Gus Iqdam sengaja memberikan nama Mejelis taklim tersebut dengan nama Sabilu Taubah yang artinya jalan taubat, sebab jemaah di dalamnya tidak hanya berfokus pada santri, orang berpengetahuan atau bahkan orang sudah tidak asing terhadap ilmu agama. Melainkan banyak dari kalangan jemaah tersebut adalah orang-orang awam yang bahkan sama sekali tidak paham ilmu agama. (Dawuh Guru 2023)

Gus Iqdam pernah ditanya oleh salah satu jemaah Ketika mengisi pengajian di daerah trenggalek, "njenengan kog saget menghadirkan ribuan jemaah tirakate niku nopo Gus?". Sambung Gus Iqdam "kulo ket riyen niku ten pondok prinsip kulo niku piye aku berusaha bungahke guruku, piye aku berusaha ta'dzim ro guruku, senajan aku ki bocah seng bethik" ujarnya pada tayangan YouTube Temuroso (7/10/2023). 

Jadi, majelis taklim sabilu taubah bisa besar hingga saat ini tak luput dari perjuangan Gus Iqdam karena kegigihan beliau untuk mencari ilmu yang beliau dapatkan semasa mondoknya, juga senantiasa memulyakan para gurunya. Terbukti, sekarang yang hadir dipengajian majelis taklim sabilu taubah bukan hanya ratusan, bahkan puluhan ribu jemaah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline