Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Rizki Putra

Halo saya rizki

Tidak Biasa! Mahasiswa UNDIP Ini Ciptakan Kotak Sterilisasi Uang

Diperbarui: 12 Februari 2022   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Desa Talagasari, Kecamatan Cikupa (10/02/2022) -- Pada hari Kamis, 11 Februari 2022 seorang mahasiswa dari Universitas Diponegoro membuat suatu invosi terbaru untuk memutus rantai penyebaran virus Corona, yaitu Kotak Sterilisasi Uang.

Seperti yang kita ketahui, udara merupakan media utama penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah menyarankan masyarakat untuk menjaga kebersihan, memakai master setiap keluar rumah, dan mencuci tangan dengan hand sanitizer. Namun, tidak semua orang tahu bahwa virus Corona dapat menyebar melalui media kertas, yaitu uang. Uang menjadi salah satu media penyebaran virus terbesar setelah udara dikarenakan uang sering kali berpindah tangan. Untuk mencegah penyebaran virus melalui media kertas, mahasiswa UNDIP membuat suatu inovasi pencegahan penyebaran virus Corona yaitu "Kotak Sterilisasi Uang".

Cara kerja alat tersebut cukup sederhana. Pertama-tama, Buka tutup kotak sterilisasi uang, dapat dilihat bahwa lampu LED akan menyala ketika kotak dibuka. Kedua, masukkan uang ke dalam kotak dan tunggu selama 3-5 menit. Pada saat kotak ditutup, lampu LED akan mati dan lampu UV akan menyala. Terakhir, ambil kembali uang yang telah disterilisasi.

Penulis : Muhammad Rizki Putra -- Teknik Elektro 2018 -- UNDIP

Dosen Pembimbing : Karnoto, S.T., M.T.

#KKNTimIPeriode2022

#LPPMUndip

#P2KKNUndip

#UNDIP




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline