Lihat ke Halaman Asli

Muhammad rizki

Mahasiswa/penulis baru/sastra sunda

Sosialisme: Pengertian dan Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 4 Maret 2024   02:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sosialisme sebuah ideologi yang berkembang di abad ke-18an, ideologi ini tercipta dimana sedang terjadinya revolusi industri. Paham sosialisme ini sangat kental dengan adanya kondisi dalam bidang industrialisasi yang menghadirkan praktik kapitalisasi dari individu yang memiliki sebagai modal dan mengesampingkan kaum buruh

Ideologi ini tercipta dan lahir sebagai kritik dari para kapitalisme yang terjadi di abad 18. Pendukung sosialisme juga menilai bahwa sistem ekonomi ini hanya menguntungkan para kaum bourjuis dan merugikan para kaum proletar.

Pengertian Sosialisme

Sosialisme jika dilihat dari kamus KBBI dapat dilihat artinya adalah ajaran atau pemahaman dalam kenegaraan serta paham ekonomi yang mengupayakan harta benda, industri, dan perusahaan milik negara. 

Di jaman ini, banyak terjadi pemberontakan dari kaum buruh indusri dan kaum buruh tani. Dengan tujuan membawa perjuangan masyarakat yang egaliter dan setara dengan masyarakat yang lainya. Bertujuan juga untuk mengubah sistem ekonomi yang lebih dapat mengguntungkan masyarakat luas dibandingkan hanya mengutamakan satu pihak atau golongan saja.

Ideologi sosialisme juga bertujuan mewujudkan masyarakat dengan hak milik bersama pada setiap faktor industri agar sistem produksi tidak lagi di pegang oleh orang-orang yang berkuasa. Kepemilikan bersama ini juga bertujuan untuk kesejahteraan rakyat yang luas.

Tokoh-Tokoh Sosialisme

Paham sosialisme bisa lahir, berkembang, dan terkenal berkat para tokohnya yang mengenalkan dan memperjuangakan ideologinya. Tokoh-tokoh paham sosialisme ada Robert Owen (inggris), Saint Simon dan Charles Fourier (Francis), Karl Marx dan Friedrich Angel (Jerman). 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline