Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Kelompok 15 Melakukan Kunjungan ke Sekolah Dasar dan Berkontribusi dalam Pelayanan Posyandu

Diperbarui: 9 Agustus 2024   14:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Jember. Pada tanggal 7 agustus 2024, Mahasiswa KKN Kelompok 15 melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar Klakah 01 dan  Sekolah Dasar Islam Teradu Nurul yang ada di desa Klakah. Sekolah ini  kebetulan sangat dekat dengan balai Desa Klakah dan Posko mahasiswa KKN. Kegiatan ini bertujuan untuk meminta izin untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi edukasi 3 Dosa Besar Pendidikan yang meliputi bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi.


Kepala sekolah serta para guru menyambut mahasiswa KKN dengan baik dan mengharapkan bahwa sosialisasi edukasi yang akan kami laksanakan bermanfaat bagi para siswa-siswi, karena edukasi semacam ini sangat dibutuhkan pada kalangan anak sekolah terutama pada anak SD kelas 6 yang akan memasuki masa remaja awal. Mahasiswa KKN berkomitmen untuk menarapkan masukan yang diberikan selama melakukan kunjungan untuk menyesuaikan dan merancang materi edukasi yang sesuai dengan bahasa murid SD agar lebih efektif dan menyenangkan. Dengan adanya kolaborasi yang erat antara mahasiswa, sekolah, dan masyarakat, diharapkan program ini dapat memberikan kontribusi yang positif.

KELOMPOK 15 /dok. pri


Pada hari yang sama sebagian dari mahasiswa KKN Kelompok 15 yang tidak bertugas mengikuti kunjungan ke Sekolah Dasar berpartisipasi dalam kegiatan posyandu di "posyandu seroja" Desa Klakah. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa KKN untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat setempat, khususnya dalam pemantauan kesehatan ibu dan anak. Selama kegiatan posyandu mahasiswa KKN membantu berbagai aktivitas, seperti pengukuran berat badan dan tinggi badan balita, pemberian imunisasi dsb. Partisipasi ini mendapat apresiasi dari pemerintah desa dan petugas posyandu serta masyarakat yang turut melihat kehadiran mahasiswa KKN sebagai tenaga tambahan yang sangat membantu dalam kegiatan posyandu. Dalam Kegiatan ini, Diharapkan keterlibatan mahasiswa KKN ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan serta memperkuat sistem layanan kesehatan di Desa Klakah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline