Lihat ke Halaman Asli

Mau Bikin Event Belum Ada Pengalaman? Ini Solusinya

Diperbarui: 26 Januari 2023   13:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagian orang pasti ada keinginan untuk membuat event dilingkup paling basic seperti keluarga yang mana satu ada anggota yang berulang tahun dan mau membuat event tersebut tetapi belum memiliki pengalaman dibidang mengorganisir suatu event. 

Event adalah suatu agenda, kegiatan atau festival tertentu yang menunjukkan, menampilkan hal-hal penting yang diselenggarakan pada waktu tertentu dengan tujuan mengkomunikasikan pesan-pesan kepada pengunjung. 

Event tidak jauh-jauh dari MICE(Meeting,Incentive, Convention, and Exhibition) adalah jenis kegiatan yang terdapat dalam industri pariwisata,kegiatan ini telah direncanakan secara matang oleh sekelompok atau sekumpulan orang yang memiliki kesaman tujuan dalam penyelengaraan kegiatan. 

Tidak banyak perguruan tinggi yang memasukan MICE sebagai mata kuliah wajib yang harus ditempuh dalam masa studinya, salah satu perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswa untuk mengambil MICE ada di Manajemen UISI  Universitas terbaik nomor 1 di Gresik. Yang mana pada matkul ini mahasiswa diwajibkan untuk membuat suatu event atau acara yang memperkenalkan Manajemen UISI kepada masyarakat. 

Pada matkul ini diberikan materi mulai dari yang basic pengenalan apa itu MICE,membuat rundown,strategi promosi event,sponsorship,proposal,stage,Participant,feasibility study(kuantitatif & kualitatif),komponen proses perencanaan,Penginapan Yang sesuai,dll.

POSCOM ”Poster Competition” lomba poster bertaraf nasional yang dibuka untuk umum  diselenggarakan oleh kelompok 4 mata kuliah MICE dengan tema resesi ekonomi 2023 yang mana sangat mengundang atensi dari para peserta seluruh Indonesia dengan total hadiah jutaan rupiah terdiri dari Juara 1.Juara 2,Juara 3, dan favorit. 

Event ini dilaksanakan secara full online karena keterbatasan dari peserta yang rata-rata dari luar kota tidak memungkinkan untuk ke Gresik. Peserta terdiri dari SMA/SMK Sedrajat,hingga mahasiwa bahkan ada yang sudah tamat dari bangku perkuliahan. Antusisas dari peserta sangat terlihat bahkan di official instagram poscom.id mencetak rekor tembus 3.8K akun yang dijangkau dalam 30 hari dengan memanfaatkan sosial media sebagai media promosi dengan menggunakan akun instsgram yang memiliki folllowers lebih dari 10K untuk media partner serta mengunjungi SMA/SMK sedrajat yang ada di kab.Gresik untuk bekerja sama dalam menyebarluaskan info tersebut. 

Dengan dewan juri yang sudah expert dibidang ekonomi dan desain yang membuat yakin bahwa acara ini akan berhasil sesuai ekspetasi dengan mencapai target peserta 

Dokumentasi Kegiatan

whatsapp-image-2023-01-22-at-20-07-51-63ce1fad633ebc46cf1ffbd2.jpeg

whatsapp-image-2023-01-22-at-20-07-51-1-63ce1fba633ebc5b8e6cb482.jpeg

whatsapp-image-2023-01-22-at-20-07-50-63ce1fc8c925c40d1a5c0b12.jpeg

whatsapp-image-2023-01-22-at-20-09-46-63ce202bc925c47e8b4ee703.jpeg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline