Lihat ke Halaman Asli

Air dalam Kehidupan dan Cara Menjaganya

Diperbarui: 7 Februari 2022   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Ada satu hal yang ada di bumi yang kita tinggali ini jika hilang maka semua kehidupan akan musnah,suatu hal yang mungkin paling berharga dan penting dalam sejarah bumi,yaitu air. Ya,air yang sering kita gunakan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan di bumi ini karena tanpa air tersebut kita tidak mampu bertahan di dunia ini,Namun hal yang paling penting ini juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit atau bahkan kematian jika hal tersebut dicemari oleh sesuatu yang berbahaya.

Disini kita tidak perlu berdebat lagi seberapa penting peran air dalam kehidupan kita sehari-hari.Mulai dari bangun pagi kita mengambil air wudhu untuk sholat,menyiram toilet setelah buang air dan mandi,dan untuk makan dan minum pun tak jauh dari air baik untuk diminum atau untuk membuat sup sayuran semua hal itu butuh air.

Dengan catatan jika kita ingin memanfaatkan air seperti diatas syarat paling utama agar air dapat digunakan adalah bersih dari pencemaran dan kotoran,dan hal ini menjadi masalah serius yang kadang atau sering kita alami,terlebih dalam 5 tahun belakang.

Saya pernah mendengar seseorang berkata,”mencari air itu mudah tapi mencari air bersih itu lah yang susah”,Kata-kata ini cukup untuk mendeskripsikan masalah kebersihan air zaman sekarang dimana hal ini bukanlah kesalahan pemerintah maupun seseorang,hal ini merupakan masalah setiap negara dan setiap orang di dunia ini.Jika kita melihat contoh perorangan,sering dijumpai orang masih saja membuang sampah disungai yang jelas-jelas bukan tempat sampah,alhasil air pun menjadi beracun,kotor,dan berkeruh tidak aman untuk digunakan.

Sedangkan kesalahan pemerintah baik nasional maupun lokal adalah tidak menyediakan tempat sampah yang cukup untuk mengimbangi kuantitas jumlah penduduk dan sampah yang dihasilkan sehingga orang-orang pun memilih yang paling mudah yaitu dipinggir jalan atau di sungai,belum lagi perusahaan besar yang aktivitas pabriknya menghasilkan limbah yang sangat banyak,membuang limbahnya ke sungai tanpa regulator memberikan aturan atau sanksi atas tindakannya.

Banyak sekali penyebab air dapat tercemar selain hal diatas,namun sudah jelas kalau masalah ini harus berhenti dari sekarang agar kita dapat menggunakan air bersih demi kesehatan kita.

Untuk tindakan menjaga kebersihan air sama seperti penyebab air tersebut kotor,tidak hanya dilakukan oleh 1 orang saja namun setiap orang di diunia ini harus saling membantu agar kebersihan dapat tercapai lebih cepat.Cara yang paling mudah adalah edukasi ke masyarakat tentang efek air kotor terhadap kesehatan serta mengajak untuk membuang sampah pada tempatnya.

Untuk regulator sendiri harus menyediakan tempat sampah yang minimal mampu menampung kuantitas sampah sesuai daerahnya,semakin banyak maka semakin baik.Serta tak lupa juga untuk membuat perarturan pengolahan limbah yang akan dibuang serta memberikan hukuman yang keras apabila aturan tersebut tidak ditaati,semua hal ini dilakukan semata-mata demi kesehatan dan kebersihan air kita.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline