Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Kebebasan Pers dan Regulasi-Regulasi Pemberitaan

Diperbarui: 7 Juli 2024   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Voi.id Ilustrasi Foto Karya Andry Winarko

Nama: Muhammad Rifqi Febrizameka

Nim: 23010400159

Mata Kuliah: Komunikasi Massa

Dosen Pengampu: Sofia Hasna, S.I.Kom, M.A

Kebebasan pers, sangat penting dalam masyarakat demokratis,karena Indonesia salah satu negara demokrasi yang memungkinkan rakyatnya untuk mengambil bagian dalam proses pengambilan keputusan politik melalui suara mereka.

Media massa

Media Massa memainkan peran penting dalam menyebarkan berbagai informasi kepada masyarakat. Berita, baik positif maupun negatif, akan dipahami oleh masyarakat luas dengan cepat, dan ini akan berdampak pada cara masyarakat berpikir. Meskipun informasi yang dipublikasikan benar benar objektif dan jujur, hasilnya pasti akan menguntungkan masyarakat, namun, jika informasi yang disebarluaskan palsu, fitnah dan menimbulkan permusuhan, akan berdampak buruk dan bahkan dapat menyebabkan konflik dalam masyarakat itu sendiri.

Dalam Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999, yang melindungi kebebasan pers dan melindungi hak wartawan untuk menjalankan pekerjaan jurnalistiknya mengakui penting nya kebebasan pers, Yaitu pada pasal 28 ayat (3) "Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat' dan juga pasal 9: "Menyatakan bahwa Pers memiliki hak mencari, memperoleh, dan menyampaikan informasi secara bertanggung jawab.

Fungsi dari pers

Pers berfungsi sebagai jembatan antara rakyat dan pemerintah; melaluinya, rakyat dapat dengan mudah menyarankan, mengkritik, dan memuji pemerintah. Meskipun Indonesia memiliki Undang Undang yang melindungi kebebasan pers, masih ada beberapa hambatan dan masalah yang menghalangi kebebasan pers, faktor faktor seperti pembatasan pemerintah, pengawasan, intimidasi, dan kekerasan terhadap wartawan dapat mempengaruhi kebebasan pers.

Peran kebebasan pers sangat penting yaitu menyampaikan suatu informasi. Mengungkapkan pendapat tanpa takut resepsi atau pembatasan dari pemerintah atau pihak lain, berikut mengapa kebebasan pers sangat penting; 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline