Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Ridwan s

Mahasiswa/Universitas islam negeri Raden intan lampung

Permasalahan Lingkungan Kampus

Diperbarui: 18 September 2023   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Permasalahan lingkungan merupakan perubahan langsung atau tidak langsung dalam lingkungan hidup yang pasti memiliki dampak yang sangat negatif bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia sekitarnya. Adapun beberapa contoh permasalahan yang ada dilingkungan kampus adalah :

1. Membuang sampah tidak pada tempatnya

Biasanya dibeberapa bagian lingkungan kampus masih sering terlihat banyaknya sampah-sampah berserakan yang tidak dibuang pada tempatnya. Seperti kita ketahui bahwasanya sampah anorganik merupakan sampah yang sulit untuk terurai sehingga akan mengakibatkan pencemaran dan kerusakan pada tanah. Dengan demikian seharusnya kita dapat menjaga lingkungan kampus agar terhindar dari pencemaran.

2. Penggunaan sampah anorganik secara berlebihan tanpa adanya daur ulang

Seperti kita ketahui begitu banyak sampah-sampah botol pelatik yang menumpuk dan berserakan itu semua dikarenakan tidak adanya proses daur ulang. Sampah yang menumpuk juga dapat menjadi tempat berkembang dan sarang dari serangga serta dapat menjadi sumber polusi dari pencemaran tanah, air dan udara. Sampah yang menumpuk juga bisa menjadi dampak buruk bagi kesehatan jika tidak ditangani dengan baik .

3. Pemborosan energi listrik 

Dapat kita lihat begitu banyak penggunaan AC yang mengakibatkan pemborosan energi listrik, oleh karena itu untuk mengatasi masalah pemborosan listrik yang ada di suatu ruangan maka perlu dibuat suatu sistem control dengan menerapkan mode hemat listrik yang dapat membatasi pengaturan temperatur peralatan penyejuk udara yaitu kisaran 24 derajat celcius sampai dengan 27 derajat celcius sehingga pemborosan listrik tersebut dapat terminimalisir. 

Pengimplementasian atas masalah ini harus diterapkan oleh seluruh warga kampus, Oleh karena itu ayo marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan kampus agar menjadi ramah lingkungan dan bisa memberikan dampak positif bagi kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline