Lihat ke Halaman Asli

M.RIDUAN

MAHASISWA ULM

Sungai Kuin, Dulu, Kini, dan akan Datang, Bagimana kah Nasibmu?

Diperbarui: 9 Desember 2021   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

SUNGAI KUIN, DULU, KINI DAN AKAN DATANG

BAGAIMANA KAH NASIB MU.?

OLEH: M. Riduan

Mahasiswa Geografi, FISIP-ULM Angkatan 2021

Banjarmasin adalah kota yang terkenal sebagai kota dengan sebutan "Kota Seribu Sungai" dengan dikelilingi oleh aliran-aliran sungai yang besar maupun kecil yang melintasi kota tersebut,salah satu sungai yang ada di Banjarmasin ialah sungai kuin.

Sungai kuin pada waktu dulu sangat lah menarik dengan ciri khas rumah lanting yang bermukiman disekitar aliran sungai yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung, dan di sungai kuin ada sebuah pasar yang menarik, pasar itu berada di tengah-tengah sungai yang bernama pasar terapung yang berada pada muara kuin. Bukan hanya itu saja loh, Sungai Kuin juga menjadi saksi bisunya Pertempuran Kerajaan Banjar untuk memenangkan perang dengan Belanda.

Sungai ialah salah satu sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai permukiman. Bukan hanya itu saja masyarakat yang bermukiman disekitar aliran sungai memanfaatkan sungai untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci pakaian, buang air besar, mandi disungai dan alat transportasi.

Namun akibat aktivitas tersebut mengakibatkan rusaknya lingkungan yang memperangaruhi kualitas aliran sungai. Masyarakat yang tinggal dibantaran sungai kuin memiliki pola hidup yang kurang peduli terhadap lingkungan sehingga sungai kuin menjadi tercemar, salah satu contoh pola hidup yang kurang peduli terhadap lingkungan yaitu membuang sampah ke aliran sungai karena tidak memiliki sarana pembungan sampah sehingga masyarakat disekitar sana lebih memilih membuang sampah kealiran sungai.

Namun kesalahan bukan hanya pada masyarakat yang tidak peduli lingkungan, tetapi juga pada kurangnya upaya pemerintah kota Banjarmasin membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan aliran sungai  dan fasilitas kebersihan di sepanjang daerah aliran sungai. Sekarang pemerintah Kota Banjarmasin telah menyediakan tempat sampah setiap rumah tetapi masyarakat tetap ada membuang sampah ke aliran sungai karena kurangnya edukasi tentang menjaga kebersihan aliran sungai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline