Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Rezki Atthani

Mahasiswa di Institut Agama Islam Tazkia

Review Manajemen Strategis pada Perusahaan Mie Gacoan dengan Analisis SWOT

Diperbarui: 27 Desember 2023   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Latar Belakang

Mie Gacoan adalah sebuah perusahaan waralaba dari Indonesia yang bergerak di bidang restoran dengan menyajikan produk utama ialah mie pedas. Mie Gacoan merupakan anak perusahaan dari PT Pesta Pora Abadi dengan foundernya yaitu Anton Kurniawan. Usaha ini berdiri pada awalnya di tahun 2016 tepatnya di Kota Malang, dan hanya dalam beberapa tahun saja, Mie Gacoan sudah melakukan ekspansi ke berbagai kota besar lainnya, seperti Surabaya, Yogyakarta, Medan, Bali, Solo, Bandung, dan tersebar di hampir seluruh wilayah indonesia.

Nama "Mie Gacoan" sendiri diambil dari kata "Gaco" yang dalam bahasa jawa artinya jagoan/andalan. Mie Gacoan mengusung konsep kafe  yang modern dan instagramable sehingga tidak heran jika Mie Gacoan menjadi tempat bersantap favorit bagi masyarakat indonesia, khususnya mahasiswa, pelajar dan keluarga.

Mie Gacoan menawarkan banyak pilihan produk dengan harga yang terjangkau, tingkatan rasa pedas yang bisa diplih dan rasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia menjadikan restorannya selalu ramai akan pelanggan, membuat pelanggan betah dan selalu ingin kembali. Ditambah lagi sejak 22 Juni 2023, Mie Gacoan sudah resmi mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Saat ini merk Mie Gacoan telah tumbuh menjadi market leader, terutama di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Bali, dan sedang berekspansi menjadi merk terbesar nomor 1 secara nasional. Kehadiran Mie Gacoan telah mendapatkan apresiasi luar biasa di setiap market dimana Mie Gacoan diklaim sudah melayani puluhan ribu pelanggan setiap bulannya bahkan bisa mencapai omset 100 juta per harinya.

Analisis SWOT

Apa yang membuat Mie Gacoan bisa se-hype dan se-trend itu? Lalu kenapa bisa Mie Gacoan memiliki pengunjung yang ramai juga rela antri panjang dan didominasi oleh anak-anak muda? Apa strategi yang dilakukan Mie Gacoan? Hal itu bisa kita dapatkan melalui analisis SWOT yang penulis rangkum berikut ini berkaitan dengan Strenghts (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang) dan Threats (Ancaman).

  • Sthrengts (Kekuatan)

1. Menawarkan produk yang bermacam-macam seperti varian mie, dimsum dan minuman yang menyegarkan. Untuk varian mie memiliki tingkatan level yang disesuaikan dengan pilihan pelanggan.

2. Memiliki citarasa yang khas dan cocok dengan lidah orang Indonesia sehingga membuat nagih dan pelanggan selalu ingin datang lagi.

3. Harga yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari harga Rp. 10.000 sampai 15.000 tergantung dari produk yang dipilih sehingga bersahabat dengan kantong mahasiswa.

4. Area restoran yang nyaman, luas dan bernuansa kekinian sehingga mendukung sebagai tempat nongkrong dan tempat yang instagramable untuk foto-foto lalu diabadikan di sosial media pelanggan. Mie Gacoan juga menyediakan tempat parkir yang luas dan musholla.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline