Lihat ke Halaman Asli

muhammad ranggapradana

komisaris kandidat CV Mitra Sinda Abadi

Pola Hidup yang Sehat Memengaruhi Kinerja Manusia

Diperbarui: 11 Januari 2023   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat, saya pernah hampir obesitas dengan berat badan 105 kg pada awal SMA tahun 2019. Kemudian saya sadar akan kesehatan untuk diri saya sendiri, saya menjalani diet sekitar 1 tahun kurang lebih turun 30 Kg. saat saya di posisi berat badan yang terlalu  berat saya merasakan pusing, lebih cepat cape dan agak malas untuk olahraga, pola tidur yang tidak cukup pun memengaruhi kinerja otak saat pagi hari. maka dari itu kita sebagai manusia harus menjaga apa yang sudah dikasih tuhan dari lahir, menjaga badan, merawat diri, mengatur pola hidup, olahraga teratur, makan yang cukup dan tidur yang maksimal. 

Ada beberapa saran dari saya dari berbagai pengalaman saya diet untuk badan dan pola hidup yang lebih baik ;

Mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang.

Asupan makanan bergizi dengan porsi seimbang sangat penting untuk menunjang kesehatan. Selain mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi dari makanan tersebut. Tubuh tak hanya membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein melainkan juga butuh vitamin, mineral, dan serat. Jadi, jangan malas mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk menyempurnakan asupan gizi bagi tubuh.

Mengelola stres dan selalu berpikir positif.

Stres berkepanjangan ternyata rentan menurunkan daya tahan tubuh sehingga membuat Anda gampang sakit. Oleh sebab itu, Anda harus mahir mengelola stres dan selalu berpikir positif. Anda harus menjauh atau mengatasi penyebab stres agar pikiran dan hati merasa lega. Jangan ragu melakukan hobi atau meluangkan me time agar Anda lebih bahagia.

Minum air putih minimal 2 liter sehari.

Selain makanan bergizi, asupan air yang cukup juga penting untuk mendukung metabolisme tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. Anda harus mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari supaya tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari risiko dehidrasi serta penyakit lainnya.

Istirahat cukup dan tidur teratur.

Jangan mengabaikan waktu istirahat bila Anda ingin senantiasa sehat dan terhindar dari risiko Covid-19. Ketika Anda tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel dan memberikan jeda pada organ untuk beristirahat. Kurang tidur rentan menyebabkan daya tahan tubuh menurun, mood tidak stabil, dan kurang fokus. Anda harus tidur minimal delapan jam sehari agar kondisi fisik dan psikis selalu prima.

Rajin berolahraga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline