Lihat ke Halaman Asli

Perubahan Sosial Yang

Diperbarui: 22 Juli 2024   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perubahan sosial adalah suatu fenomena yang terjadi dalam kehidupann bermasyarakat, perubahan sosial dapat terjadi secara terus menerus dikarenakan sifat sosial yang dinamis.

Manusia tidak bisa berhenti pada satu titik saja, manusia akan selalu berubah sesuai dengan lingkungan sekitarnya, manusia dapat berubah dengan seiring berjalannya waktu, baik perubahan itu berjalan secara cepat maupun lambat.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Beberapa ahli sosiologi telah mengemukakan pengertian mereka terhadap perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, seperti berikut ini:

Kingsley Davis

Kingsley Davis pada bukunya yang berjudul Human Society mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

William F. Ogburn

Menurut William F. Ogburn perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi merupakan penekanan pada teknologi yang menyebabkan perubahan pada kehidupan sosial. Contoh perubahan yang terjadi adalah kemajuan pengetahuan dan teknologi yang daoat mempengaruhi  terhadap pola pikir dan kebiasaan manusia.

Selo Soemarjdan

Selo Soemardjan mendefinisikan lebih sederhana bahwa perubahan sosial terjadi karena perubahan struktur dan fungsi sosial.

Mac Iver

Menurut Mac Iver perubahan sosial merupakan perubahan sosial dalam interaksi sosial atau tearhadap keseimbangan hubungan sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline