Lihat ke Halaman Asli

Cara Menghilangkan Sakit Asam Lambung

Diperbarui: 8 Januari 2023   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia Sehat. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Penyakit asam lambung mudah menyerang dan kambuh. Namun, Anda bisa belajar mengatasi asam lambung yang naik untuk menurunkan risiko penyakit. Penyakit refluks asam, juga dikenal sebagai penyakit refluks astroesofageal (GERD), ditandai dengan nyeri dada dan sensasi terbakar saat asam lambung naik ke kerongkongan.

Asam lambung biasanya muncul setidaknya dua kali seminggu. Tanpa memandang usia atau jenis kelamin, penyakit ini dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini sering disalahartikan sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner karena mirip dengan nyeri dada. Terlepas dari kenyataan bahwa refluks asam tidak separah serangan jantung, pengobatan diperlukan untuk menghindari komplikasi.

1. Mimum Air Jahe

Sifat anti-inflamasi jahe membuatnya menjadi obat alami untuk sakit maag. Selain itu, tanaman ini dapat meringankan masalah pencernaan lainnya seperti perut kembung dan mual.

Untuk mengobati asam lambung, jahe bisa diolah menjadi minuman hangat. Selain menggunakan jahe mentah, Anda juga bisa menikmati aneka minuman jahe siap minum.

2. Dengan Akar Marshmallow

Akar marshmallow mengandung sejumlah bahan yang dapat meredakan batuk, menyembuhkan sakit maag dan tenggorokan, serta mengobati infeksi bakteri. Selain itu, tanaman ini diduga dapat melindungi dinding lambung dari asam, membuatnya tidak mudah rusak.

3. Dapat Mengatur Jadwal Porsi Makan

Makan dengan porsi kecil secara berkala merupakan salah satu cara untuk mengatasi asam lambung yang naik. Tetapkan tujuan makan lima hingga enam porsi kecil setiap hari.

4. Hindari Merokok

Merokok dapat melemahkan otot yang menahan asam lambung, jadi sebaiknya hindari. Akibatnya, berhenti merokok mungkin merupakan cara untuk mengatasi asam yang tidak kunjung hilang atau semakin parah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline