Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Nur Rizal

Temukan hal-hal informatif di sini

Pandemi Covid 19 Menjadi Gerbang Hadirnya Komunikasi Hybrid

Diperbarui: 21 Desember 2021   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Setelah dunia dikejutkan dengan kehadiran sebuah virus yang berubah menjadi pandemi yaitu Covid-19 sejak tahun 2019 lalu, banyak hal yang kemudian turut menyesuaikan keadaan. Kegiatan belanja yang biasanya dilakukan di pasar ataupun mall kini harus dilakukan secara online, kerja yang biasanya dilakukan di kantor kini menjadi online, bahkan sekolah yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini turut menjadi online. 

Karenanya komunikasi yang biasa kita lakukan pun berkamuflase menjadi komunikasi hybrid. Pandemi Covid-19 ini menuntut kita untuk terbiasa dengan komunikasi hybrid. Komunikasi hybrid sendiri memungkinkan untuk kita menghubungkan dua jenis pekerja yang sedang berada dilokasi berbeda.

Dalam dunia pekerjaan, kini komunikasi hybrid menjadi penolong untuk menghadapi situasi yang sedang tidak baik-baik saja ini. Berikut adalah keuntungan yang didapatkan oleh karyawan dari komunikasi hybrid:

Produktivitas meningkat

Pekerjaan yang dilakukan dari jarak jauh memungkinkan seorang karyawan untuk mendapatkan waktu lebih bagi dirinya. Sehingga karyawan tersebut akan merasa lebih nyaman dan hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas dari seorang karyawan saat sedang bekerja.

Lebih fleksibel

Pengaturan kerja yang memungkinkan karyawan memiliki keterampilan yang lebih baik adalah salah satu yang paling baik meningkatkan mutu majikan yang mungkin diperluas. Karena ketersediaan berbagai alat komunikasi dan aplikasi, seorang karyawan dapat tetap berhubungan dengan orang-orang yang bersangkutan bahkan ketika pekerjaan dilakukan di rumah.

Menciptalan rasa percaya di anatara karyawan

Kurangnya kepercayaan dalam komunikasi antar karyawan dapat menjadi masalah yang cukup serius dalam dunia pekerjaan. Komunikasi hybrid membuat para karyawan untuk lebih melakukan komunikasi dan kolaborasi dalam pekerjaannya. Hal tersebut dapat menciptakan rasa saling percaya antar karyawan. Ketika kita memiliki seseorang yang dapat mempercayai kita, maka kita akan merasa lebih dipahami, atau merasa diperdulikan yang mana hal tersebut dapat membangun kedekatan yang kuat.

Peningkatan kolaborasi

Pekerjaan yang dilakukan dari jarak yang berbeda akan menciptakan sebuah kolaborasi yang luar biasa. Komunikasi hybrid mempengaruhi efesiensi karyawan dalam pekerjaannya. Bahkan ketika para karyawan sedang tidak berada di satu tempat, mereka menjadi lebih nyaman untuk bekerja sama. Mereka akan memiliki rasa bertanggung jawab yang besar karena komunikasi hybrid memastikan kolaborasi tepat waktu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline