Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Nur

Peduli Pengembangan Masyarakat

Louis De Broglie Seorang Sarjana Sastra Memperoleh Hadiah Nobel Bidang Fisika

Diperbarui: 1 Februari 2022   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Awalnya sang pangeran ingin menjadi sastrawan. Terlahir dari keluarga bangsawan Prancis yang sangat termasyhur. Kakek, ayah, dan kakak laki-lakinya semuanya adalah anggota Akademi Prancis yang bergengsi. 

Louis de Broglie menerima gelar kesarjanaan pertamanya dalam bidang sejarah. Louis muda telah memperoleh gelar dalam sejarah dan sedang mempersiapkan diploma lebih tinggi dibidang sastra. 

Rupanya sains juga seni tingkat tinggi. Ia membaca karya Henri Poincare tentang teori chaos. Dia sangat terkesan dan memutuskan untuk mengambil sains. Dan ia membayangkan bidang sains kealaman menjadi kariernya. 

Dia memperoleh ijazah bidang sains pada tahun 1913 dan melanjutkan penelitiannya di laboratorium swasta yang didirikan oleh kakak Maurice de Broglie. Perang Dunia Pertama pecah pada tahun 1914. Louis melibatkan diri dalam bela Negara sebagai tentera dan bertugas menjadi pengembang dan pelaksana komunikasi radio dalam perang dunia pertama 1914-1918. 

Pada akhir perang, Louis de Broglie melanjutkan studinya, dan mengambil bidang fisika. Kelebihan para anak bangsawan di Eropa ketika itu adalah dilengkapi sangat kuat dengan matematika dan seni. 

Jadi seorang yang berminat di bidang sastra kemudian melompat ke “sastra alam” tidaklah begitu berat. Louis rupanya sangat menaruh minat pada karya-karya fisika eksperimetal yang dilakukan oleh kakak laki-lakinya, Maurice. Dia coba menjelaskan hasil yang diperoleh sang kakak. Fisika eksperimen membutuhkan penjelasan dari fisika teoretis. 

Jadilah duo de Broglie pasangan yang saling mengisi. Louis mengkaji khusus aspek kuantisasi gelombang dan punya ide melihat aspek gelombang dari partikel. 

Pada tahun 1924 di Fakultas Ilmu Pengetahuan di Universitas Paris, Louis mempertahankan desertasi “Recherches sur la Théorie des Quanta” (Penelitian tentang teori kuantum), yang membuatnya mendapatkan gelar doktor. Tesis ini berisi serangkaian temuan penting yang telah diperolehnya selama sekitar dua tahun. 

Desertasi doktoralnya mengemukakan usulan bahwa benda yang bergerak memiliki sifat gelombang yang melengkapi sifat partikelnya. Gagasan tersebut merupakan gagasan yang pertama kali. 

Gagasan baru itu terkonfirmasi sepenuhnya dengan penemuan difraksi elektron oleh kristal pada tahun 1927 oleh Davisson dan Germer. Hasil eksperimen depraksi ini mengkonfirmasi teori de Broglie dan menghantarkannya pada 1929 menerima Hadiah Nobel Fisika.

Louis de Broglie sang profesor dari Fakultas Sains di Paris menjadi pemenang pertama Hadiah Kalinga UNESCO pada tahun 1952 sebagai pengakuan atas karyanya untuk mempopulerkan sains.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline