Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Nasrullah

Saya adalah seorang mahasiswa

Program Pertukaran Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan Universitas Hang Tuah Surabaya

Diperbarui: 10 Juni 2023   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar : Mahasiswa PMM UNTAG SURABAYA (Dokpri)

Surabaya - Universitas 17 Agustus 1945 prodi Administrasi Publik menyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Mandiri (PMM) Tahun 2023 pada awal bulan Maret 2023. Program ini dilaksanakan selama satu semester atas inisiasi bersama dengan Universitas Hang Tuah Surabaya (UHT Surabaya) dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Program ini ditujukan untuk mahasiswa program studi Administrasi Publik yang berminat untuk berkuliah selama satu semester di perguruan tinggi yang tercantum, namun beberapa mata kuliah masih menempati perkuliahan di perguruan tinggi asal, jadi tidak secara penuh semua mata kuliah mengikuti pada kampus luar. Program ini hanya diikuti oleh beberapa mahasiswa saja dari prodi Administrasi Publik yang diinstruksikan oleh Kaprodi beserta jajarannya.

Pada tanggal 7 Maret 2023 tepatnya pada hari selasa, sejumlah mahasiswa dari UNTAG Surabaya mengikuti arahan terkait PMM yang bertempat di Universitas Hang Tuah Surabaya sebagai tanda selamat datang dan perkenalan akan kampus tersebut kepada mahasiswa terkait, yang diikuti oleh mahasiswa UNTAG Surabaya dan Kaprodi Administrasi Publik UHT Surabaya Dr. Wildan Taufik Raharja, S.IAN, M.PSDM, serta beberapa perwakilan staff Administrasi Publik UHT Surabaya.

Dr. Wildan Taufik Raharja, S.IAN, M.PSDM, menyampaikan bahwa program MBKM Pertukaran Mahasiswa Mandiri ini merupakan program penting sebagai bentuk kerjasama dan pengalaman bagi mahasiswa untuk ikut terlibat juga dalam seluruh kegiatan perkuliahan dan kegiatan diluar juga.

"Dengan program ini, harapannya kalian mahasiswa bisa mengikuti studi dengan baik selama satu semester dan bisa memperoleh banyak manfaat dan pengalaman yang sangat berharga selama menjalani program ini," ucap beliau.

Keterlibatan Mahasiswa

Kami mahasiswa prodi Administrasi Publik UNTAG Surabaya yang terlibat dalam program PMM ini di UHT Surabaya, juga mengikuti serangkaian kegiatan maupun acara di UHT Surabaya yang berlangsung. Sudah banyak dari beberapa kegiatan dari kampus tersebut yang kami ikuti, diantaranya yaitu. 1) Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) dengan judul "Global Goals, Local Actions : A Sustainable Future for All". yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Azizan bin Marzuki dari University Sains Malaysia dan Nor Hisyam Ghafar, P.hD. dari University Kuala Lumpur. 2) Kunjungan ke Bea Cukai Tanjung Perak, yang mana kunjungan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa UHT Surabaya, UNITOMO, dan mahasiswa UNTAG Surabaya yang terlibat dalam program Pertukaran Mahasiswa Mandiri.

Lebih lanjut selain kegiatan berbasis diluar mata kuliah, mahasiswa PMM UNTAG rutin dalam mengikuti perkuliahan beberapa mata kuliah konversi selama satu semester. 

Program ini sangat bermanfaat karena dengan ini, diharapkan dapat menambah pengalaman belajar diluar kampus dan bisa merasakan bagaimana melaksanakan perkuliahan yang bukan di kampus asal, tentunya bisa menambah relasi dan pertemanan antar mahasiswa maupun dengan dosen.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline