Lihat ke Halaman Asli

Muhammad mari

Mahasiswa

Pertolongan Pertama dalam Mengatasi Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi Sehari-hari

Diperbarui: 20 Januari 2024   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com

Kadang kala di dalam kehidupan sehari-hari kita mengalami hal yang tidak terduga khususnya dalam masalah kesehatan. Penting bagi kita semua untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan pertolongan pertama, Karena pertolongan pertama merupakan hal yang cukup vital agar penyakit yang diderita tidak semakin parah. Sehingga diperlukan kesadaran bersama dikarenakan masih banyak orang yang belum mengetahui pertolongan pertama yang tepat.

Pertolongan pertama adalah cara yang bisa dilakukan untuk membantu diri sendiri maupun orang lain agar mengurangi resiko penyakit bertambah parah, berikut adalah beberapa cara pertolongan pertama yang bisa diterapkan:

1. Meriang

Hal bisa dilakukan saat meriang adalah mengkonsumsi air putih dan istirahat yang cukup sehingga tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Selain itu juga kita bisa mengkompres bagian ketiak menggunakan air hangat, melansir dari Ejournal Almaata pemberian kompres air hangat pada daerah tersebut lebih efektif dibandingkan dengan mengkompres di bagian kening atau dahi dikarenakan pada daerah aksila (ketiak) terdapat banyak pembuluh darah besar sehingga akan memperlebar pembuluh darah yang akan memungkinkan percepatan perpindahan panas tubuh.

2. Pusing

Ketika anda merasa pusing cobalah untuk beristirahat sejenak. Anda dapat beristirahat dengan cara berbaring atau tiduran dengan posisi kaki lebih tinggi dari dada. Hal ini dapat meredakan pusing dikarenakan saat kita berbaring dengan kaki lebih tinggi dapat mendorong aliran darah ke otak dan mengurangi penekanan di kaki.

3. Nyeri kepala

Cara yang bisa dilakukan  dalam mengatasi nyeri kepala adalah dengan tidur yang cukup. Dengan tidur yang cukup masalah nyeri kepala dapat teratasi karena nyeri kepala atau migrain berkaitan dengan pola tidur seseorang. Jika dianggap migrain belum reda cobalah untuk meminum obat Analgesik.

4. Diare

Diare adalah penyakit yang sering terjadi pada masyarakat. Diare ini disebabkan oleh masuknya kuman yang mengganggu aktivitas organ pencernaan. Pertolongan pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan merehidrasi tubuh kita atau mengembalikan ciran tubuh yang hilang dengan mengkonsumsi air putih dan meminum oralit. Oralit memiliki senyawa elektrolit dan mineral yang dapat memenuhi pengembalian kadar elektrolit dan mineral yang ada dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline