Lihat ke Halaman Asli

Muhammad lutfi_009

video kreator

Mahasiswa KKN Kolaborasi Kabuten Jember Membantu Persiapan HUT RI ke-78 di Desa Wringin Telu

Diperbarui: 24 Juli 2023   08:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

MAHASISWA KKN KOLABORATIF KABUPATEN JEMBER MEMBANTU PERSIAPAN HUT RI KE-78 DI DESA WRINGINTELU KECAMATAN PUGER

dokpri

dokpri

Kompasiana -- Desa Wringintelu, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember dengan lambang tiga pohon beringin yang ditanam tepat didalam didepan pendopo balai desa Wringintelu tersebut. Desa Wringintelu merupakan desa yang terletak di Kecamatan Puger Kabupaten Jember dan berbatasan dengan Desa Umbulsari di sebelah barat, Kecamatan Balung di sebelah utara, Desa Mlokorejo di sebelah selatan, dan Desa Bagon disebelah timur. Desa Wringintelu sendiri memiliki 12 RW dengan setiap RW terdiri dari beberapa RT. Selain itu, desa Wringintelu terdiri dari 3 dusun yaitu Dusun Sonokeling, Dusun Krajan, dan Dusun Pakem. Dimana setiap dusunnya memiliki penduduk 2000 jiwa.

Menurut Bapak Agus Santoso selaku sekretaris Desa Wringintelu mayoritas mata pencaharian masyarakat yang ada di Desa Wringintelu adalah petani padi dan tembakau, petani cabai jamu dan lain-lain. Selain tembakaunya yang dinilai memiliki kualitas yang bagus hingga berhasil di ekspor ke berbagai negara salah satunya Belanda dan Australia, masyarakat Desa Wringintelu juga memiliki banyak petani cabai jamu yang di kirim ke berbagai wilayah di Indonesia salah satunya ke seluruh wilayah pulau Jawa dan juga ke luar Jawa seperti pulau Sumatra.

Desa Wringintelu juga memiliki Forum Anak Desa (FAD). Kegiatan ini memberikan banyak dampak positif bagi anak-anak seperti dalam pengembangan skill, bakat dan minat anak, melatih kepercayaan diri dan lain-lain yang sudah berdiri sejak tahun 2018 namun resmi dijalankan pada tahun 2019 dan sempat terhambat karena Covid-19 selama dua tahun. Menurut Bapak Sampir Joyo Supeno selaku pembina FAD, jumlah anak-anak yang mengikuti kegiatan forum desa ini terdiri dari 20 anak mulai dari pendidikan SD hingga SMA dengan pelaksanaan kegiatan FAD yang awalnya didanai oleh Kabupaten Jember namun sekarang untuk pendanaan diserahkan ke Desa Wringintelu tersebut. 

dokpri

dokpri

Pelaksanaan KKN Kolaboratif yang dimulai sejak tanggal 17 Juli 2023 sampai dengan 25 Agustus 2023, dengan diikuti oleh 18 perguruan tinggi se-Kabupaten Jember yang resmi melakukan KKN Kolaboratif yang tersebar di beberapa desa yang ada di Kabupaten Jember.  Kelompok 24 KKN Kolaboratif  yang ditugaskan untuk melakukan pengabdian di desa Wringintelu, Kecamatan Puger KKN Kolaboratif tersebut terdiri dari 6 mahasiswa dari Universitas Jember, 4 dari Universitas Islam Jember dan 2 dari Universitas Muhammadiyah Jember. Tujuan pelaksanaan KKN Kolaboratif diharapkan mahasiswa peserta KKN dapat bersosialisasi dengan masyarakat setempat serta mampu memberikan kontribusi berupa pikiran maupun tenaga.

Mahasiswa kelompok 24 KKN Kolaboratif membantu persiapan HUT RI Desa Wringintelu dengan melakukan beberapa kegiatan salah satunya yang sedang kami lakukan yaitu kegiatan kerja bakti dengan beberapa warga yang berlangsung di Dusun Pakem Desa Wringintelu. Selain kegiatan tersebut kelompok 24 KKN Kolaboratif ini juga akan melaksanakan kegiatan sosialisasi PIP yang ditujukan kepada anak SD sampai SMA di Desa Wringintelu dengan pengumpulan data anak dengan dibantu oleh beberapa perangkat desa agar sasaran yang dituju tersebut tepat sesuai dengan sasaran dari Program Indonesia Pintar (PIP) tersebut. Diharapkan dengan adanya program PIP tersebut dapat membantu masyarakat Desa Wringintelu dalam memenuhi kebutuhan di bidang pendidikan, seperti perlengkapan sekolah, uang saku, biaya transportasi, biaya uji kompetensi, dan lain sebagainya.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline