Lihat ke Halaman Asli

Konflik dan Kekerasan dalam Kelompok Sosial

Diperbarui: 18 Juni 2022   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis:

-Ahmad Zuhdi

-Aida Syifa Rachmadhani

-Alif Indra Kusuma

XI IPS 3/SMA N 8 Malang

BAB II 

    ISI

2.1    Definisi

  • Konflik

              Konflik adalah perjuangan yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk memperoleh hal-hal yang langka seperti nilai, status, kekuasaan, otoritas, dan lain sebagainya, dimana tujuan dari mereka hanya untuk memperoleh keuntungan, tanpa adanya kekerasan hanya sebatas gertakan. Menurut Fisher, konflik adalah hubungan antara dua pihak atau lebih (individu atau kelompok) yang memiliki, atau yang merasa memiliki, sasaran-sasaran yang tidak sejalan. Konflik adalah suatu kenyataan hidup, tidak terhindarkan dan sering bersifat kreatif. Konflik terjadi ketika tujuan masyarakat tidak sejalan. Konflik timbul karena ketidak seimbangan antara hubungan-hubungan sosial, seperti kesenjangan status sosial, kurang meratanya kemakmuran dan akses yang tidak seimbang yang kemudian menimbulkan masalah-masalah diskriminasi.

  • Kekerasan

            Kekerasan merupakan bentuk lanjutan dari konflik sosial. Dalam KBBI, entri "kekerasan" didefinisikan sebagai perbuatan seseorang atau kelompok yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain.  

2.2     Diferensiasi dan Stratifikasi Sosial

  • Konflik ( Kelangkaan Vaksin yang Terjadi di Beberapa Daerah di Indonesia )

Konflik ini termasuk kedalam diferensiasi sosial. Hal ni dikarenakan seluruh masyarakat terkena dampaknya tanpa adanya perbedaaan status tiap -- tiap individu atau kelompoknya. Namun juga dapat termasuk kedalam stratifikasi sosial jika kelangkaan vaksin ini terjadi akibat campur tangan para petinggi yang ada di Indonesia, sehingga berdampak pada masyarakat menengah kebawah.

  • Kekerasan ( Kekerasan Seksual dan Penganiayaan Anak Panti di Malang )

Jenis kekerasan ini termasuk kedalam diferensiasi sosial, hal ini di sebabkan karena konflik ini terjadi antara laki -- laki dengan perempuan, dan perundungan yang dilakukan oleh perempuan dan korban yang juga perempuan yang memiliki derajat yang setara dan tidak adanya perbedaan kelas sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline