Lihat ke Halaman Asli

MUHAMMAD KHADRY

Pengajar I Politeknik Pariwisata Medan

"Friday Preneur: Mendorong Kewirausahaan Mahasiswa di Poltekpar Medan"

Diperbarui: 9 September 2023   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

#Arsip Dokumentasi  Unit IBBK (Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja) #PoltekparMedan

Politeknik Pariwisata Medan merupakan  pusat pendidikan unggulan yang tidak hanya menghasilkan mahasiswa berkompeten dalam industri perhotelan dan pariwisata, tetapi juga menginspirasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha muda yang berbakat. Salah satu inisiatif yang mendorong pertumbuhan kewirausahaan di kalangan mahasiswa adalah Program "Friday Preneur," yang digerakkan oleh Unit IBBK (Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja).

Program "Friday Preneur" di Politeknik Pariwisata Medan bertujuan untuk mengubah pandangan mahasiswa terhadap dunia bisnis dan kewirausahaan. Ini adalah langkah proaktif untuk mengembangkan bakat kewirausahaan mereka dan memotivasi mereka untuk menjadi pengusaha muda yang sukses.

Unit IBBK bertanggung jawab atas inisiatif ini dan telah menyusun serangkaian acara, pelatihan, dan kompetisi yang dirancang khusus untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam dunia bisnis. Salah satu fitur utama dari Program "Friday Preneur"  yang diadakan setiap Jumat di Taman Inkubator Bisnis Poltekpar Medan, merupakan  kesempatan mahasiswa menjual produk usaha mereka dari mulai makanan sampai dengan barang-barang unik dan menarik   dan disamping itu juga adanya pemberian arahan dan masukan dari unit IBBK atas produk yang mahasiswa hasilkan, ini merupakan platform bagi mahasiswa untuk menerapkan pembelajaran kewirausahaan yang memberikan pengalaman bagi para mahasiswa mulai dari perencanaan, promosi, pengemasan sampai dengan tahap penjualan. 

Unit IBBK tidak hanya memberikan pelatihan dan wawasan, tetapi juga menawarkan program mentoring berkelanjutan. Mahasiswa yang memiliki ide bisnis yang menjanjikan dapat mendapatkan dukungan mentor untuk membantu mereka mengembangkan konsep tersebut menjadi bisnis yang berjalan 

Program "Friday Preneur" di Politeknik Pariwisata Medan telah memberikan hasil yang mengesankan. Mahasiswa yang telah mengikuti program ini telah melahirkan berbagai macem ide-ide produk bisnis yang akan dikembangkan. Program "Friday Preneur" adalah langkah kecil tetapi signifikan dalam mengubah cara mahasiswa melihat dunia bisnis. Ini memberi mereka kepercayaan diri dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam dunia kewirausahaan. Ini adalah investasi dalam masa depan mahasiswa dan kontribusi penting Politeknik Pariwisata Medan untuk mengembangkan bakat kewirausahaan di Indonesia.

Dalam era di mana kewirausahaan semakin penting dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, Program "Friday Preneur" di Politeknik Pariwisata Medan adalah salah satu contoh yang inspiratif tentang bagaimana pendidikan tinggi dapat menjadi katalisator bagi perubahan positif dalam masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline