Lihat ke Halaman Asli

Marketing Es Kelapa Muda

Diperbarui: 14 Agustus 2023   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi, dan distribusi. Marketing sebagai salah satu media untuk membangun komunikasi dengan konsumen dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komunikasi secara pesat. Marketing juga menjadi salah satu pilihan konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Hal ini membuat persaingan yang ketat untuk mendorong perusahaan menampilkan kapabilitas yang lebih baik dengan strategi pemasaran yang ada. Pokok marketing ada 4. 

1. Promosi

2. Iklan

3. Produk

4. Distribusi

Ketika produk itu telah jadi maka produk akan melewati siklus, mulau dari perkenalan, pertumbuhan, pendewasaan, dan kehancuran.

Berikut adalah hasil wawancara dari tukang es kelapa muda.

"Bapak Alan adalah seorang pedagang Es Kelapa Muda yang berlokasi di Jalan Pesanggrahan V. Bapak Alan telah melewati waktu kurang lebih 7 Tahun lamanya dalam menjalankan usaha ini. Bapak Alan memang spanduk dan membagikan brosur untuk mengenalkan barang dagangannya kepada khalayak umum. Bapak Alan membuka usaha ini karena ia tahu bahwa es kelapa adalah minuman yang banyak disukai semua kalangan. Bapak Alan merasa sedih ketika musim hujan, sebab terjadi penurunan pelanggan. Bapak Alan juga sangat senang dengan usahanya, karena es kelapa juga bisa dijadikan obat."

Penulis: Muhammad Juliandi Purwantoro

Sekolah: SMK- At-Taqwa

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline