Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-PMD UNRAM Desa Pulau Maringkik Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos

Diperbarui: 25 Juli 2023   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN-PMD) Universitas Mataram (UNRAM) Desa Pulau Maringkik, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur meggelar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Di Desa Pulau Maringkik (17/07/2023) di Halaman Kantor Desa Pulau Maringkik. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Timur, Permerintah Desa, Pokdarwis dan masyarakat Desa Pulau Maringkik.Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengolahan limbah organik menjadi pupuk kompos yang ramah lingkungan dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat desa pulau maringkik.

Pada kegiatan tersebut, bapak Mawan Syahalam, SH perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Timur sebagai pemateri memberikan materi dengan metode berupa sosialisasi dan setelah itu dilakukan praktek secara langsung cara pembuatan pupuk kompos.

Dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk kompos, masyarakat Desa Pulau Maringkik diajarkan tentang cara mengumpulkan limbah organik, memisahkan limbah organik dari limbah non-organik, dan mengolah limbah organik menjadi pupuk kompos yang berkualitas.

Pupuk kompos yang dihasilkan dari limbah organik dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah dan mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, pengolahan limbah organik menjadi pupuk kompos juga dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke lingkungan, sehingga tercipta lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Pulau Maringkik dapat memanfaatkan limbah organik menjadi pupuk kompos yang bermanfaat untuk masyarakat pulau maringkik dalam menciptakan Desa Pulau Maringkik yang sehat dan mandiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline