Tipologi wisatawan adalah pengelompokan atau klasifikasi wisatawan berdasarkan berbagai karakteristik, motivasi perjalanan, perilaku konsumen, preferensi liburan, dan faktor-faktor lainnya. Wisatawan adalah motor penggerak industri pariwisata di seluruh dunia. Namun, setiap individu memiliki motivasi, minat, dan preferensi yang berbeda saat bepergian. Konsep ini membantu industri pariwisata dan perhotelan dalam memahami dan merancang strategi pemasaran yang sesuai untuk berbagai jenis wisatawan.
Smith (1977) melakukan klasifikasi terhadap wisatawan, dengan membedakan wisatawan atas tujuh kelompok, yaitu:
1. Explorer
Wisatawan yang mencari perjalanan baru dan berinteraksi secara intensif dengan masyarakat local, dan bersedia menerima fasilitas seadanya, serta menghargai norma dan nilai-nilai local. Explorer tertarik pada petualangan yang belum banyak dijamah oleh orang lain, seperti menjelajahi destinasi terpencil, budaya yang jarang diketahui, atau aktivitas ekstrem.
2. Elite
Wisatawan yang mengunjungi darah tujuan wisata yang belum dikenal, tetapi dengan pengaturan lebih dahulu, dan bepergian dalam jumlah kecil. Wisatawan ini mungkin memiliki akses ke sumber daya yang melimpah dan mencari pengalaman liburan yang eksklusif dan terisolasi dari keramaian. Mereka mengunjungi destinasi yang belum dikenal secara luas, tetapi mereka melakukannya dengan pengaturan yang lebih terorganisir dan eksklusif, sering kali dalam kelompok kecil atau secara pribadi.
3. Off-beat
Wisatawan yang mencari atraksi sendiri, tidak mau ikut ke tempat-tempat yang sudah ramai dikunjungi. Wisatawan dalam kelompok ini mencari pengalaman yang tidak biasa dan di luar jangkauan wisata konvensional. Mereka mencari destinasi yang unik, kegiatan yang tidak lazim, atau budaya yang eksentrik. Mereka seringkali mencari destinasi yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan lain atau melakukan aktivitas yang dianggap aneh oleh kebanyakan orang.
4. Unusual
Kelompok ini mirip dengan off-beat travelers namun memiliki fokus yang lebih kuat pada pengalaman yang tidak biasa dan tak terduga. Mereka tertarik pada tempat-tempat atau aktivitas yang jarang dilakukan oleh kebanyakan orang.
5. Incipient Mass