Lihat ke Halaman Asli

Polusi Budaya dan Harmonisasi di Indonesia

Diperbarui: 16 Agustus 2023   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Polusi tidak hanya terjadi dalam lingkungan saja, namun polusi juga ditemukan dalam pola kehidupan warga negara Indonesia. rintangan demi rintangan harus dilalui oleh Indonesia untuk menggapai Indonesia Emas 2045. 

Realita saat ini cukup menghawatirkan, 78 Tahun Indonesia merdeka, namun karakter dan budaya masyarakat masih belum dewasa, belum menampilkan warga negara yang baik, sadar akan tanggung jawab, keadilan dan kemakmuran masih belum tercapai. keadaan saat ini kita lihat, oknum pejabat tinggi terjerat kasus korupsi dan kasus hukum lainya yang menjadi sorotoan publik saat ini. keadilan bagi masyarakat kecil mulai diabaikan, ujaran kebencian terus disebarluaskan. 

hal-hal tersebutlah yang menjadi sebab keutuhan dan persatuan semakin rentan untuk dipecah belahkan. budaya luhur dan cita-cita bangsa mulai dilupakan, seiring dengan kemajuan zaman. mayoritas masyarakat saat ini banyak yang kecewa oleh sikap pemerintah saat ini, kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat menjadi salah satu faktor masyarakat kecewa. untuk mencapai Indonesia Emas 2045, diperlukan keseriusan dan energi yang banyak, tidak hanya itu diperlukan juga karakter, sikap dan budaya sadar akan pentingnya merubah mental kita. 

berhati-hati dalam bersikap, sadar akan lingkungan, menjaga toleransi, nilai-nilai keadaban. hal tersebutlah yang dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045. perlunya perubahan mental dan karakter, pemerintah dan masyarakat, untuk menciptakan iklim produktif yang positif, melangkah untuk maju   dan memanfaatkan peluang-peluang emas yang bisa dijadikan faktor pendorong terwujudnya Indonesia Emas 2045. seluruh elemen wajib mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sebagai wujud keharmonian, keberagaman dan keadilan yang dapat menciptakan ruang dialog yang damai.  

mengutip dari perkataan   Ir. Soekarno beliau menyampaikan"Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun"dengan kebaikan, kedamaian, keadilan dan keharmonisan, Indonesia bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045.  

marilah kita semua intropeksi diri, dalam memperingati hari kemerdekaan Ke-78 Tahun Indonesia. baik pemerintah dan masyarakat kita semuanya harus menciptakan keharmonisasn dan diaolog kedamaian, memperhatikan keadaban, tatakrama dan cita-cita luhur bangsa Indonesia. dengan terciptanya kultur tersebut, Indonesia bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline