Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Iskandar

admin online shop

Apa itu Data Scientist?

Diperbarui: 18 Desember 2022   02:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dikutip dari mastersindatascience.org, data scientist adalah pekerjaan dalam bentuk penggabungan ilmu komputer (pemrograman), statistik, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur. 

 Disini saya akan menjelaskan definisi-definisi populer tentang data scientist, 1.) sesuatu pekerjaan yang menghasilkan Artificial Intelligience, 2.) pekerjaan nya hanya untuk menghasilkan visualisasi yang bagus, 3.) data scientist hanya pekerjaan akademis yang penuh statistik. Yang saya jelaskan disini memang ada di luaran sana,dan itu benar-benar penjelasan yang sering muncul. tapi itu sebenarnya bukan lah penjelasan yang mendefinisikan apa itu data scientist. Jadi apa sih yang dimaksud data scientist itu, nah sebelum kita masuk ke definisi data scientist itu apa, kita coba breakdown dulu.

Apa itu definisi data, menurut Oxford  Learner's Dictionary, data adalah facts or information, especially when examined and used to find out things or to make decisions. Jadi kita bisa bilang data itu sendiri adalah sesuatu atau informasi yang digunakan untuk menemukan sesuatu dan mengambil keputusan, serta dan disimpan didalam komputer.

Data Scientist itu sendiri di zaman sekarang udah berkembang, definisinya sekarang tidak aja mencakup data lalu mencapai sesuatu informasi untuk mendapatkan keputusan, tapi sekarang sudah berkembang karena perkembangan bisnis, jadi kita bisa defisinikan di data scientist itu menjadi suatu ilmu multidisiplin yang mempelajari programming, visualisasi, statistik, maupun bisnis domain-nya.

Data scientist

Sehingga data scientist atau seseorang yang bekerja di bidang data scientist itu adalah seseorang yang menghubungkan antara dunia-dunia yang ada di data dengan kemampuan bisnis. Tadi sebelumnya saya sudah sebutkan ilmu data scientist itu ilmu yang multidisiplin, nah kenapa sih data scientist itu multidisiplin, karena tadi kan berkaitan dengan suatu bisnis domain, bisnis itu sangat banyak, ada bisnis kesehatan, ada bisnis edukasi, bisnis real estate dan bisnis teknologi, semua bisnis itu punya bidang nya masing-masing, nah makannya data scientist itu gak cuman, dia bekerja dengan data informasi tadi ataupun cuma statistik ataupun dia cuma programming, tapi benar-benar harus tau bidang apa yang ingin di aplikasikan data scientist tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline