Lihat ke Halaman Asli

Faktor Penentu Harga

Diperbarui: 26 Oktober 2015   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dengan adanya era globalisasi negara negara berkembang seperti indonesia sangat mengikuti jaman contoh dibidang teknologi dalam dunia perdagangan muncul berbagai cara kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan yang di inginkan untuk para konsumen dan tidak harus pergi keluar rumah dikarenkan dengan adanya teknologi dalam dunia perdagangan. Hal ini berkaitan dengan apa yang dinamakan E-Commerce. E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .

Ada beberapa situs-situs yang terkenal yang menyediakan jual-beli secara online salah satunya adalah Tokopedia.

Tokopedia merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis Marketplace. Marketplace merupakan situs jual beli online adalah sebuah website WEB 2.0 yang mana artinya didalam website tersebut orang dapat berinteraksi, dan dalam hal market place tentunya bertansaksi jual dan beli langsung di website tersebut. Sedangkan Kaskus, Berniaga dan Toko Bagus sampai saat ini masih belum mendukung hal seperti itu dan hanya sebatas untuk Iklan Jualan Online, artinya tempat untuk mengiklankan produk jualan anda di Internet seperti iklanbaris online.

Dasar Penilaian untuk MarketPlace cukup simple hanya ada 3 (setidaknya yang saya ketahui)

  • Fitur Keamanan dan Kenyamanan bertransaksi
  • Aksesibilitas
  • Fleksibilitas

Situs market place Tokopedia berfungsi secara keseluruhan, yakni kita bisa jual dan belanja online tanpa perlu khawatir, karena penjual akan menerima bayaran setelah pembeli konfirmasi penerimaan barang. Sejak diluncurkan layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.

Dengan visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.

Selain itu ada beberapa faktor harga yang menjadi menentukan kesuksesan Tokopedia, dan berikut adalah faktor-faktor penentu harga :

Promosi

Promosi adalah salah satu program yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan, tanpa melakukan promosi, perusahaan akan sulit mencapai tujuannya.

contoh promosi yang di lakukan Tokopedia adalah Promo mandiri e-cash: Raih Diskon Voucher Belanja hingga 50% + 17%

Promo mandiri e-cash ini akan diadakan setiap hari Senin mulai pukul 11.00-14.00 WIB selama periode 12 Oktober-2 November 2015.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline