Lihat ke Halaman Asli

Dunia Vokal: Rahasia di Balik Suara Merdu dan Kemampuan Berkomunikasi Manusia

Diperbarui: 15 Desember 2022   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Sebelum memahami dunia vokal, saya akan memulai dari diri kita sendiri yaitu tubuh kita yang dimana, suara kita dimulai dari paru-paru, di mana udara dihembuskan untuk membuat aliran udara di trakea dan melintasi laring, yang sering disebut kotak suara untuk berbicara, baca, bernyanyi, tertawa, menangis, menjerit, berteriak, berteriak dll.

Suara manusia secara khusus merupakan bagian dari produksi suara manusia di mana pita suara adalah sumber suara utama. Secara umum, mekanisme untuk menghasilkan ucapan manusia dapat dibagi menjadi tiga bagian paru-paru, pita suara di laring, dan artikulator. Paru-paru pompa harus menghasilkan aliran udara dan tekanan udara yang memadai untuk menggetarkan pita suara tekanan udara ini adalah suara bahan bakar. Pita suara adalah katup getar yang memotong aliran udara dari paru-paru menjadi pulsa suara yang membentuk sumber suara laring. 

Lipatan vokal alias pita suara membentang horisontal di laring. Saat udara melewati pita suara, itu akan bergetar dengan sangat cepat dan menghasilkan suara. Semakin tinggi tingkat getaran, atau yang disebut frekuensi, semakin tinggi nada suara yang muncul. Dari hal ini, nada suara sangat ditentukan oleh panjang dan ketegangan pita suara. Namun, pita suara hanya menghasilkan suara mendengung. Kemudian, tenggorokan, hidung, dan mulut bertindak sebagai ruang beresonansi untuk mengubah suara yang mendengung menjadi suara manusia yang unik.

Mengapa Suara Manusia selalu berbeda-beda?

Pada pembahasan ini pasti setiap manusia menyadari bawa setiap perkataan dan juga ucapan atau suara yang keluar dari mulut kita ini selalu berbeda, jangankan kita sendiri. setiap manusia pasti berbeda-berbeda suaranya dan meskipun mereka terlahir kembar, tetap saja suara setiap manusia tidak akan sama persis. meskipun ada saja beberapa orang yang bisa menirukan suara orang lain, tetapi itu tidak bisa bertahan lama untuk mengsuarakanya tetapi hanya beberapa saat saja. Bagian-bagian yang mendukung suara dapat berubaha setiap saat atau dalam periode tertentu. 

Inilah yang menyebabkan suara kita bisa berubah-ubah. Sebagai contoh, saat anak laki-laki memasuki masa puber, suara mereka berubah menjadi lebih berat dan dalam. 

Ini karena testosteron pada anak laki-laki membuat pita suara mereka lebih panjang dan lebih tebal. Sementara itu, suara anak perempuan akan sedikit berubah seiring bertambahnya usia, tapi tidak sesignifikan suara anak laki-laki. Secara umum, pria memiliki suara yang lebih berat dibanding perempuan karena pita suara mereka cenderung lebih besar dan bergetar pada frekuensi yang lebih rendah. Ketika demam dan pilek, suara Anda juga berubah menjadi serak. Hal ini karena terjadi pembengkakan pada pita suara yang disebabkan oleh virus flu. 

Batuk juga dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan lebih lanjut pada pita suara. Selain itu, emosi juga berperan dalam perubahan suara Anda. Saat Anda merasa senang, gugup atau takut, ott-otot di sekitar laring akan mengencang, menyebabkan ketegangan pada pita suara. 

Sumber Reverensi : https://www.kompas.com/sains/read/2020/07/03/070000723/misteri-tubuh-manusia-kenapa-suara-orang-berbeda-dan-unik?page=all#:~:text=Suara%20dimulai%20dari%20paru%2Dparu,sangat%20cepat%20dan%20menghasilkan%20suara.

seperti itulah kira-kira gambaran mengenai suara kita dan juga penjelasan mengapa suara setiap manusia itu berbeda-beda baik dari hasil suara dan juga frekuansinya. kita langsung saya kepada dunia vokal. sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit pengertian vokal. sebelum masuk ke vokal, lebih baik kita melakukan latihan berkomunikasi berikut adalah penjelasannya:

Intonasi suara  Anda  dapat membuat  atau menghancurkan presentasi Anda. Tidak peduli seberapa bagus pesan pengantar Anda, tidak ada jaminan bahwa pesan Anda akan didengar.  Anda juga perlu mengomunikasikannya dengan baik untuk menangkap audiens Anda dan membuat mereka tetap tertarik. Kemudian intonasi suara Anda ikut bermain. Tidak diragukan lagi, perannya  dalam menyampaikan pesan Anda sangat penting. Suara yang Anda gunakan memainkan peran besar dalam  presentasi Anda karena  mencerminkan kepribadian, kepercayaan diri, dan minat Anda pada subjek.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline