Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Imam Bahihaki

Seorang Pelajar penulis artikel

Apa Fungsi Sebenarnya dari RAM

Diperbarui: 2 Desember 2023   12:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Possessed Photography on Unsplash

Kita sering melihat RAM tertulis pada spesifikasi hp maupun laptop, namun apakah kamu sudah mengetahui pengertian RAM, fungsinya dan perbedaan RAM laptop dan RAM pada HP.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang fungsi dari RAM pada HP. RAM atau Random Access Memory adalah salah satu komponen penting dalam perangkat HP. Fungsi RAM sangatlah penting untuk kelancaran kinerja HP. 

1. Pengertian

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras komputer. Data yang disimpan di RAM adalah data yang sedang digunakan oleh prosesor.

2. Fungsi Utama

Fungsi utama RAM pada HP adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara. Data yang disimpan di RAM adalah data yang sedang digunakan oleh prosesor dan aplikasi. Data ini dapat berupa data dari aplikasi yang sedang berjalan, data dari file yang sedang dibuka, atau data dari sistem operasi.

3. Fungsi Lain

RAM juga mempunyai fungsi lain, dengan adanya RAM, prosesor tidak perlu mengakses data dari penyimpanan sekunder, seperti memori internal atau microSD. Hal ini membuat prosesor dapat mengakses data dengan lebih cepat dan efisien.

  • Mempercepat kinerja. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak data yang dapat disimpan di RAM. Hal ini akan membuat prosesor dapat mengakses data dengan lebih cepat dan efisien, sehingga kinerja akan meningkat.
  • Meningkatkan stabilitas. RAM yang cukup besar dapat membantu menjaga stabilitas. Hal ini karena RAM dapat menampung data yang sedang digunakan oleh prosesor, sehingga prosesor tidak perlu mengakses data dari penyimpanan sekunder.
  • Meningkatkan daya tahan. RAM yang cukup besar dapat membantu meningkatkan daya tahan. Hal ini karena RAM dapat menampung data yang sedang digunakan oleh prosesor, sehingga prosesor tidak perlu mengakses data dari penyimpanan sekunder.

4. Perbedaan RAM Pada Hp dan Laptop

Pada dasarnya, fungsi RAM pada HP dan laptop sama, yaitu sebagai tempat penyimpanan data sementara. Namun, ada beberapa perbedaan antara RAM pada HP dan laptop, yaitu:

  • Kapasitas. RAM pada HP biasanya memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada RAM pada laptop. Hal ini karena HP memiliki ukuran yang lebih kecil dan daya tahan baterai yang lebih singkat.
  • Kecepatan. RAM pada HP biasanya memiliki kecepatan yang lebih rendah daripada RAM pada laptop. Hal ini karena HP tidak membutuhkan kinerja yang setinggi laptop.
  • Bentuk. RAM pada HP biasanya berbentuk modul yang dapat dilepas pasang. Hal ini memudahkan pengguna untuk upgrade RAM HP.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline