Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Ilyasin

Ikatlah Ilmu dengan Menulis

Sekolah Menuju New Normal

Diperbarui: 16 Juni 2020   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyediaan tempat cuci tangan


Saat ini kita dihadapi dengan masa pandemi covid-19, yang sangat berdampak besar terhadap kehidupan kita. Terutama di bidang pendidikan. Para guru merasakan dampak yang besar juga, karena harus tetap mengajar.

Sudah banyak cara yang telah dicoba oleh para guru, salah satunya pembelajaran jarak jauh menggunakan media teknologi. Meski demikian, cara ini masih dianggap kurang efektif.

Baru baru ini terdengar kabar bahwa, ada wacan baru untuk mengembalikan siswa dan guru ke dalam lingkungan sekolah. Yaitu dengan menggunakan prinsip New Normal.

New normal atau berkehidupan normal yang baru adalah sebuah konsep dimana kita dapat beraktivitas kembali seperti biasanya namun dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam hal ini guru diminta agar mampu menerapkan konsep new normal ini ketika mengajar.

Ada beberapa usulan mengenai sekolah dengan konsep new normal yaitu jam sekolah dilakukan selama 4 jam tanpa adanya jam istirahat. selama proses pembelajaran berlangsung, guru yang mengajar tidak boleh diganti. Juga tempat bermain dan kantin harus ditutup. Serta pengaturan jadwal masuk dan pulang sekolah harus dibedakan, agar tidak terjadi penumpukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline