Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Ikhsan Nur Zamzam

Manusia Calon Sarjana Pendidikan Teknik Elektro

Penggunaan Internet yang Sehat dan Aman bagi Anak-anak di Dusun Bikhbul RW 02 Desa Awilega, Sumedang

Diperbarui: 4 Februari 2022   15:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin cepat ditandai dengan kehadiran internet. Internet membuat dunia menjadi tanpa batas karena internet menyediakan informasi yang sangat cepat dari berbagai belahan dunia. Pemanfaatan internet mengubah pola hidup dan budaya manusia dalam banyak aspek. 

Oleh sebab itu internet tidak hanya sebatas digunakan dalam bidang bisnis, ekonomi, politik, dan hukum, namun juga digunakan dalam bidang Pendidikan.

Karena dari kelebihan internet itu sendiri yaitu cepat di akses, efisien, dapat di temukan dimana pun, menjadikan tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun yang terlahir di era digital ini juga sudah terbiasa menggunakan gadget. 

Bahkan anak-anak sekarang sangat lincah memainkan gadget yang terkoneksi dengan internet untuk menemukan laman-laman dan mempelajari banyak hal dari sana. 

Anak-anak belajar dan menyerap ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan cara tradisional, misalnya dengan membaca buku dan koran. Mengapa demikian, karena internet membuat informasi tentang ilmu pengetahuan dapat dengan mudah dan cepat untuk diakses, serta muncul dalam tampilann yang lebih menarik di internet. 

Jadi pengguna internet hanya tinggal memasukan kata kunci pada pencarian dan dengan 1 kali klik saja maka informasi yang dicari tersebut akan segera di tampilkan.

Sayangnya, sekarang ini internet banyak digunakan untuk hal-hal yang negatif, misalnya untuk mengakses dan menyebarluaskan konten pornografi, informasi hoax, perjudian, bahkan bisa di pakai untuk penculikan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengedukasi para pengguna internet agar menggunakan internet secara sehat dan aman.

Tujuan kegiatan KKN Tematik dengan tema Literasi Digital yang membahas sekaligus melakukan sosialiasi tentang Penggunaan Internet yang sehat dan aman di Dusun Bikhbul RW 02, Desa Awilega, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang (25/01/2022) adalah untuk menumbuhkan dan membangun kesadaran anak-anak atas ancaman dampak negatif internet, menguatkan citra internet sebagai media pembelajaran dan penyebaran informasi yang berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan anak-anak,

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan metode ceramah yang dihadiri oleh lebih dari 20 anak-anak mulai dari TK-SMP kelas 7, lalu di akhiri dengan game dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak memiliki pemahaman tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline