Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Hisyam Rasyid

Mahasiswa Universitas Airlangga

Kelebihan Belajar Bahasa Inggris Melalui Aplikasi TikTok Dibandingkan Kursus Bahasa Inggris Konvensional

Diperbarui: 22 Juni 2024   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: iStock

Tiktok merupakan aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Menurut data per Oktober 2023 ada sekitar 106, 52 juta masyarakat Indonesia yang akif menggunakan media social Tiktok. Lalu pertanyaannya, apakah kelebihan belajar Bahasa inggris melalui aplikasi tiktok dibandingkan dengan melalui kursus Bahasa inggris konvensional?

Tiktok adalah aplikasi yang didalamnya menampilkan berbagai macam konten video dengan waktu berkisar 15 detik. Salah satu konten yang banyak dibuat di aplikasi Tiktok adalah konten edukasi mengenai Bahasa inggris. Dengan begitu, aplikasi Tiktok dapat kita jadikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kita.

Berikut ini beberapa kelebihan yang kita dapat ketika kita belajar Bahasa Inggris melalui aplikasi TikTok dibanding melalui kursus Bahasa inggris konvensional:

  • Lebih mudah diakses

Dengan menggunakan aplikasi Tiktok kita dapat belajar Bahasa inggris dengan lebih mudah, karna kita hanya perlu membuka aplikasi tersebut lalu mencari konten atau materi Bahasa inggris yang ingin kita pelajari hari ini tanpa perlu datang ke tempat les pada umumnya.

  • Menghemat biaya

Selain mudah diakses, belajar Bahasa inggris menggunakan aplikasi tiktok juga dapat menghemat biaya pengeluaran kita. Kita hanya perlu menyalakan WiFi atau paket data kita lalu kita sudah dapat belajar materi Bahasa inggris yang ingin kita pelajari di hari itu.

  • Materi yang lebih beragam

Di aplikasi tiktok sendiri para content creator untuk edukasi belajar Bahasa inggris sudah sangat beragam, bahkan mereka berasal dari negara yang berbeda beda tidak hanya dari negara Inggris atau Amerika saja. Konten yang mereka buat juga dibuat dengan menarik dan beragam agar belajar Bahasa inggris dapat terasa fun dan tidak membosankan. Isi kontennya pun beragam mulai dari belajar grammar, vocabulary, speaking, listening, dan lain lain.

Dari pemaparan di atas, kita dapat melihat beberapa kelebihan belajar Bahasa inggris melalui aplikasi Tiktok dibandingkan dengan kursus Bahasa inggris konvensional. Banyak manfaat yang akan kita raih ketika kita mampu berbahasa inggris seperti dalam dunia karir maupun akademik. Maka dari itu kita harus pandai memanfaatkan peluang, salah satunya dengan belajar Bahasa inggris melalui aplikasi Tiktok




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline