Lihat ke Halaman Asli

Memberikan Apresiasi kepada Siswa dengan Menggunakan Peringkat dan Ranking

Diperbarui: 20 Juni 2024   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Evaluasi pembelajaran adalah bagian penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengukur kemajuan siswa, efektivitas metode pengajaran, dan kualitas program pendidikan. Salah satu metode yang sering digunakan adalah ranking atau peringkat, yang berfungsi untuk mengidentifikasi prestasi siswa dan membandingkan kinerja antar siswa.

Ranking adalah pengurutan atau pemeringkatan berdasarkan nilai kuantitatif atau kualitatif, digunakan untuk mengukur kemampuan atau prestasi siswa. Ranking memiliki fungsinya tersendiri diantaranya adalah sebagai Evaluasi Prestasi Belaja, Penilaian spesifik dan akurat terhadap siswa, motivasi dan masukan belajar, Memberikan motivasi kepada siswa dan umpan balik mengenai kemajuan mereka serta pengelolaan data yang membantu dalam pengelolaan data prestasi siswa untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat dalam pendidikan.
   
Dalam memberikan ranking terdapat beberapa proseduryang harus dilakukan, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Ranking Sederhana (Simple Rank), yaitu mengurutkan siswa berdasarkan nilai total dari yang tertinggi ke terendah.

2. Percentil Rank, yaitu menentukan kedudukan siswa dalam kelompok berdasarkan persentase siswa lain yang nilainya lebih rendah.

3. Ranking Standar Score (Z-Score Rank), yaitu menghitung z-score untuk menentukan peringkat siswa berdasarkan standar deviasi dan rata-rata nilai kelompok.

Maka dapat disimpulkan bahwa ranking adalah metode pengurutan siswa berdasarkan nilai untuk menentukan kemampuan mereka. Fungsinya adalah memberikan motivasi dan gambaran kemajuan akademis siswa, serta membantu dalam pengelolaan data pendidikan. Prosedur penentuan ranking meliputi simple rank, percentil rank, dan z-score rank, masing-masing dengan metode dan langkah-langkah tertentu untuk menghitung nilai dan menentukan peringkat siswa.

Penulis : Kelompok 5 Evaluasi Pembelajaran
Muhammad Hilma A'bdulloh Gymnastiar, Nadia Khoerunnisa dan Ninik Nuraeni.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline