Lihat ke Halaman Asli

Muhammad HasbiAsh

Saya Muhammad Hasbi Ash Shidieqi

Mengenal sisi kelebihan jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Diperbarui: 15 November 2021   00:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pertama kita mengenal dulu apa sih  jurusan PGSD itu? Jurusan PGSD adalah jurusan kuliah yang mengarahkan lulusanya kelak untuk menjadi seorang Guru SD, namun bukan berarti dengan mengambil jurusan PGSD serta merta anda hanya bisa bekerja di bidang tersebut, karena beberapa lulusan jurusan PGSD banyak yang sukses karirnya meskipun tidak menjadi seorang Guru SD.

Bagi teman teman mahasiswa, mungkin tidak asing lagi dengan jurusan PGSD karena di setiap beberapa kampus pasti jurusan tersebut ada. Jurusan PGSD termasuk dalam naungan Fakuktas Keguruan dan ilmu pendidikan atau di singkat menjadi FKIP, karena jurusan PGSD merujuk terhadap kuliah pendidikan dan keguruan atau bagi teman teman yang ingin menjadi seorang Guru SD bisa mencoba untuk kuliah dan mengambil jurusan tersebut.

Jangan khawatir akan prospek kerja bagi mahasiswa yang memilih jurusan PGSD loh!! memang dalam sebuah nama menjadi seorang Guru SD itu minim dalam perihal gaji dan itu sebuah bukti yang tidak otentik, mengingat judul pada artikel ini, kami akan menyebutkan beberapa sisi kelebihan dari jurusan PGSD perihal prospek kerja untuk karir di masa depan anda?

1. Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk sesama

Seorang guru pasti akan menjadi sosok yang memberi kemnafaatan yang banyak untuk sesama terutama kepada murid muridnya. Mengingat dengan menjadi Guru, sebuah pekerjaan yang sangat mulia, karena dengan menjadi Guru anda bisa berbagi pengetahuan pengetahuan kepada muridnya, selain itu dengan menjadi Guru akan membantu murid anda untuk meraih mimpi-mimpinya.

Terutama Guru SD bisa menjadi sosok yang sangat berperan dalam membentuk karakter siswa-siswanya, karena seperti yang kita ketahui bahwa sekolah dasar adalah sekolah yang di ibaratkan sebuah pondasi yang menjadi landasan dalam pembentukan kepribadian anak didiknya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikanya yang lebih tinggi.

Sehingga sering di analogikan bahwasanya "Jika pondasi suatu bangunan sudah baik dan bagus, maka bangunan tersebut akan tertata rapi dan kuat. Begituan sebaliknya jika pondasi suatu bangunan rapuh maka bangunan tersebut sangat rentan mengalami kerusakan.

2. Peluang kerja yang lebih besar di banding jurusan Guru lainnya

Setiap orang memiliki rezeki yang berbeda beda termasuk halnya urusan dalam mendapatkan pekerjaan, pada kali ini kita akan merealisasikan dalam membahas peluang kerja dan ada banyak jurusan kuliah keguruan namun tidak semua memiliki peluang kerja yang luas

Ada beberapa jurusan keguruan yang memang memiliki peluang kerja yang lebih besar, seperti halnya jurusan Guru bahasa inggris dan jurusan Guru Sekolah Dasar. Pada kali ini kita fokus ke jurusan PGSD, kenapa jurusan PGSD memiliki peluang kerja yang luas?

Kebutuhan akan Guru SD yang selalu besar ketimbang jurusan keguruan lainnya sehingga membuat peluang kerja bagi lulusan PGSD selalu besar. Di tambah lagi dengan adanya program pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan dan kebutuhan Guru SD paling banyak di cari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline