Lihat ke Halaman Asli

Serba Serbi Jurusan Ilmu Perpustakaan

Diperbarui: 31 Juli 2024   06:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Siapa yang tidak kenal dengan perpustakaan, ternyata ada bidang keilmuan nya lho. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah Jurusan Ilmu Perpustakaan. Jurusan yang mungkin dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, "paling nanti jagain perpustakaan doang" atau "ilmu perpustakaan? Emang ada ya?" kata yang sering diucapkan orang ketika belum mengenal keilmuan yang satu ini.

Jurusan Ilmu Perpustakaan Bukan Cuma Jagain Perpustakaan

"Paling nanti ga jauh-jauh dari buku" ini adalah anggapan pertama saya sebelum masuk ke jurusan ini. Tenyata setelah masuk ke jurusan ini anggapan itu memang benar, tapi tidak semudah itu kawan hahahaha. Bayangkan saja, ada mata kuliah tentang Psikologi, Komunikasi, Desain Tata Ruang, Digital Marketing, dan mata kuliah lainnya yang mungkin gak akan kepikiran ada mata kuliah itu di Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Setelah dipelajari, baru saya tercerahkan, ternyata memang ada tujuannya. Selain kita mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, pustakawan juga harus melayani pemustaka dengan baik. Kita tidak tahu mood pemustaka saat datang ke perpustakaan, apakah dia sedang senang, sedih, kesal, bahagia, maka dari itu diajarkan tentang psikologi perpustakaan.

Dalam melayani pemustaka, seorang pustakawan harus mengetahui kebutuhan pemustaka terlebih dahulu. Bagaimana cara pustakawan mengetahui kebutuhan pemustaka, tentunya dengan melakukan komunikasi yang baik, bertanya "ada yang bisa dibantu ka?", dari situ kita bisa menggali informasi yang dibutuhkan. Maka dari itu diajarkan Komunikasi Perpustakaan agar kita bisa berkomunikasi dengan baik dan membuat nyaman pemustaka.

Akan tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi kenyamanan pemustaka selain pelayanan, desain perpustakaan yang menarik ditambah dengan tata ruang serta fasilitas perpustakaan yang mumpuni, akan mampu membuat pemustaka merasa nyaman betah berlama-lama di perpustakaan. Pada hal ini, mata kuliah Desain Tata Ruang perpustakaan mengambil peran besar di dalamnya.

Perpustakaan Juga Berjualan

Yup, perpustakaan memang berjualan. Tapi bukan sebuah produk yang dijual, melainkan jasa yang dijual. Eits, bukan berrarti kita harus membeli ya hehehe, karena kepuasan pemustaka adalah bayaran yang sangat besar, jika pemustaka tersebut kembali lagi ke perpustakaan itu adalah tip yang sangat berharga.

Akan tetapi jika berjualan tidak melakukan promosi seperti ada yag kurang, nah perpustakaan juga melakukan promosi terhadap apa yang dijual seperti promosi jasa, layanan, fasilitas, koleksi dan lain-lainnya.

Promosi ini dilakukan untuk mengenalkan atau memberikan informasi kepada pemustaka, bahwa di perpustakaan ada jasa dan layanan ini looh, atau di perpustakaan ada fasilitas dan koleksi ini looh. Dengan tujuan, agar terjadi pemanfaatan perpustakaan, dengan mata kuliah Digital Marketing kita dapat mengetahui bagaimana cara melakukan promosi perpustakaan dengan menarik minat pemustaka.

Kitab Suci Ilmu Perpustakaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline