Lihat ke Halaman Asli

Muh. Hanafi

Abdi Negara

Momentum Perubahan di Tahun Pembelajaran Baru

Diperbarui: 2 Juli 2023   07:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi- Sejumlah siswa mengikuti proses pembelajaran di SMPN 1 Kota Tangerang, Banten, Kamis (12/5/2022). (ANTARA FOTO/Fauzan/foc)

Bulan Juli, para guru telah memasuki tahun ajaran baru. Banyak hal tentunya yang perlu dipersiapkan, terlebih sekolah/madrasah telah mengimplementasikan kurikulum merdeka. 

Guru sebagai ujung tombak bertemu siswa, hendaknya guru mempersiapkan dirinya, agar proses pembelajaran di kelas lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Guru hendaknya secara berkesinambungan mengevaluasi dan refleksi diri, agar proses pembelajaran terus ke arah yang lebih baik. Dengan evaluasi dan refleksi, guru akan melakukan perbaikan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai guru.

Maksud dari evaluasi dan refleksi ini adalah bagaimana guru melakukan upaya berpikir mendalam atas apa yang telah dilakukan terutama bagaimana proses pembelajaran yang dilalui telah maksimal dan sesuai harapan. 

Apakah pembelajaran yang dilakukan selama ini meningkat, terutama misalnya hasil belajar siswa, karakter siswa, atau mutu pendidikan di sekolah/madrasah itu telah lebih baik dari tahun sebelumnya.

Pada prinsipnya ada tiga hal penting yang perlu dipersiapkan oleh para guru, yakni mempersiapkan perangkat pembelajaran, memahami pembelajaran dengan paradigma baru, dan terakhir adalah assesmen.

Ilustrasi pembelajaran di kelas (Sumber: nyonyaguru.com)

1. Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran adalah hal penting yang harus dipersiapkan guru dalam setiap awal tahun pembelajaran, terutama yang fokusnya selalu digunakan dalam pembelajaran di kelas, yakni rencana pembelajaran. 

Bagaimana mungkin guru berdiri di depan kelas tanpa perencanaan, karena RPP itu menjadi penting sebagai pemandu pembelajaran di kelas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline