Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Hamzah Yahya

Economic Student at TSM

Melakukan Studi terhadap Analisis Pekerjaan, Kenapa Tidak?

Diperbarui: 10 Mei 2021   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

homebusinessmag.com

Menghadapi persaingan dalam bisnis bukan hanya tentang produk atau inovasi apa yang akan Kita tawarkan kepada konsumen, namun dibutuhkan juga kualitas Sumber Daya Manusia yang mumpuni yang dapat memberikan kinerja terbaik demi tercapainya tujuan perusahaan. Metode Analisis Pekerjaan harus betul-betul dipilih dengan baik karena dapat memberikan informasi yang diperlukan untuk memenuhi satu atau lebih tujuan dan sasaran.  Atribut menjadi penting karena berlaku untuk pekerjaan yang dilakukan oleh seorang individu.

Menindaklanjuti tentang atribut analisis pekerjaan yang secara khusus cocok atau tidak cocok dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dengan beberapa kombinasi pendekatan yang diantaranya :

1. Penelitian Empiris pada Metode

2. Tujuan Pengembangan Metode

3. Pengalaman

Job Classification atau Klasifikasi Pekerjaan mensyaratkan penempatan setiap pekerjaan ke dalam kategori berdasarkan kesamaan; artinya, setiap pekerjaan masuk ke dalam kategori yang paling mirip dengannya. Ada beberapa cara untuk mendefinisikan kesamaan dalam kaitannya dengan atribut pekerjaan. McCormick (1976) menjelaskan empat jenis atribut (dan kami menyebutkan yang kelima):

1. Sistem berorientasi pekerjaan. Fokusnya adalah pada hasil pekerjaan, seperti produk atau layanan.

2. Sistem berorientasi pekerja. Fokusnya adalah pada kebutuhan atau tuntutan manusia yang dapat diamati yang dibuat oleh pekerjaan, seperti aktivitas pekerja, dan gerakan elemen ditambah tuntutan fisiologis.

3. Persyaratan atribut. Fokusnya adalah pada pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan karakteristik lain (KSAO) yang dibutuhkan oleh pekerjaan (atribut yang tidak dapat diobservasi, tetapi disimpulkan), seperti tuntutan pekerjaan pribadi dan persyaratan atribut manusia.

4. Sistem pekerjaan keseluruhan. Fokusnya adalah pada judul pekerjaan dan jenis pekerjaan yang dilakukan.

5. Kompensasi. Fokusnya adalah pada pengelompokan pekerjaan ke dalam kelompok atau level berdasarkan gaji

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline