Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Hafiidh Naafiyan

Palang Merah Indonesia

Kekeringan, PMI Distribusikan 10.000 Liter Air Bersih untuk Masyarakat Kecamatan Kejayan

Diperbarui: 17 Agustus 2023   16:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketua PMI H Agus Sutiadji beserta perwakilan Pengurus mengisi Jerigen air bersih (Dok. pribadi)

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan mendistribusikan air bersih di wilayah Kecamatan Kejayan (16/8/2023). Pendistribusian air bersih yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Pasuruan merupakan respon untuk memberikan bantuan untuk Masyarakat Kabupaten Pasuruan yang mengalami kekeringan. 

Dilansir di website Kabpasuruan.go.id kini Kabupaten Pasuruan sudah berstatus Tanggap Darurat Bencana Kekeringan, Terdapat beberapa kecamatan yang sudah mengalami kekeringan diantaranya yaitu Kecamatan Lumbang, Gempol, Winongan, Pasrepan, Lekok, dan Kejayan.PMI Kabupaten Pasuruan mendistribusikan air bersih di Wilayah Kecamatan Kejayan di desa Ambal-Ambil, Klangrong dan Kedung Pengaron. Pendistribusian air bersih tersebut sudah di distribusikan mulai tanggal 13 Agustus 2023.


Proses Serah Terima Air Bersih (Dok. pribadi)

" Awal juli kemarin kami mengajukan 3 desa yang terdampak kekeringan, dan yang agak parah yaitu desa ambal-ambil,dan mudah-mudahan untuk pemerintah daerah dapat merealisasikan untuk dilaksanakan pembangunan sumur bor sehingga untuk warga di Kecamatan Kejayan tidak terdampak kekeringan Kembali " Ujar Wijaya Sugianto selaku Camat Kecamatan Kejayan.

H Agus Sutiadji selaku ketua PMI Kabupaten Pasuruan menyampaikan bahwa pendistribusian air bersih merupakan respon dari PMI tentang surat dari PMI Pusat, PMI Jawa Timur dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan mengenai tanggap darurat kekeringan, PMI mengirimkan 10.000 Liter air bersih per hari untuk kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Bantuan air bersih dari PMI sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena digunakan untuk kebutuhan dari Masyarakat yaitu digunakan untuk air minum.

Pendistribusian Air Bersih (Dok. pribadi)

" Bantuan dari PMI Kabupaten Pasuruan ini sangat bermanfaat untuk warga, karena sebelum adanya bantuan air bersih warga mengkonsumsi air resapan dari Sungai yang sudah bercampur dengan kotoran dan sampah. Selain itu, beberapa warga juga mengambil air di sumur desa sebelah yang lokasi nya lumayan jauh dari desa Ambal-Ambil dengan cara manual yaitu dengan di angkat menggunakan kayu. Dengan adanya bantuan yang diberikan oleh PMI Kabupaten Pasuruan ini sangat membantu warga untuk pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari". Ujar Saiful Anwar Kepala Desa Ambal-Ambil.

(Dok. pribadi)

PMI Kabupaten Pasuruan akan mendistribusikan bantuan air bersih di Wilayah Kecamatan Kejayan yaitu selama -+ 1 Bulan kedepan sehingga masyarakat Kecamatan Kejayan bisa tercukupi kebutuhan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Selain itu, PMI Kabupaten Pasuruan untuk program kedepan juga akan berkoordinasi dengan pihak yang terkait untuk membantu pelaksanaan pembuatan Sumur Bor di Wilayah Kecamatan Kejayan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline