Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Gufron

Mahasiswa Universitas Airlanga

5 Cara Mengatasi Kecemasan Sosial

Diperbarui: 7 Mei 2023   21:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengatasi Kecemasan Sosial: Strategi Efektif untuk Mengatasi Rasa Takut Bertemu Orang Baru

Oleh: Muhammad Gufron

(Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Airlangga)

Kecemasan sosial atau yang kerap disebut di kalangan remaja sebagai social anxiety adalah kecemasan yang timbul disaat seseorang dihadapkan di situasi sosial, seperti bertemu dengan orang baru atau berbicara di depan umum. Kecemasan sosial dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan membatasi kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, ada beberapa strategi yang efektif untuk membantu mengatasi social anxiety ini.

  • Kenali Kecemasan Sosial Anda

Langkah pertama dalam mengatasi kecemasan sosial adalah mengenali kecemasan tersebut. Coba pikirkan situasi sosial yang dapat membuat Anda merasa cemas atau tidak nyaman, dan catatlah situasi tersebut. Ketika Anda mengetahui situasi apa yang membuat Anda cemas, Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapinya.

  • Ubah Pola Pikir Anda

Social anxiety sering disebabkan oleh pola pikir kita yang negatif atau khawatir berlebihan. Cobalah untuk mengubah pola piker Anda dengan mencari hal yang mendukung perasaan positif tentang diri Anda, seperti catatan sukses atau pujian dari orang lain. Berlatih memperbaiki pola pikir secara bertahap dapat membantu untuk mengurangi anxiety Anda.

  • Lakukan Peregangan atau Pernapasan Dalam

Teknik relaksasi seperti peregangan atau pernapasan dalam dapat membantu untuk mengurangi kecemasan sosial. Lakukan beberapa peregangan atau teknik pernapasan yang sekiranya dapat membantu mengatasi situasi sosial yang menegangkan.

  • Persiapkan Diri dengan Baik

Menyiapkan diri dengan baik dapat membantu mengurangi kecemasan sosial. Persiapkan topik pembicaraan atau pertanyaan yang ingin Anda ajukan, dan pilihlah pakaian yang membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri.

  • Jangan Takut Untuk Mencoba Hal Baru

Mencoba hal baru dapat membantu Anda mengatasi kecemasan sosial. Cobalah untuk mengikuti kegiatan sosial yang menarik bagi Anda, seperti bergabung dengan organisasi yang memiliki minat yang sama seperti passion Anda, atau bisa juga dengan memperluas lingkaran pertemanan Anda. Ketika Anda mencoba hal baru, Anda dapat memperoleh pengalaman dan keterampilan sosial yang baru.

Social Anxiety dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, tetapi dengan mengenali kecemasan sosial Anda, mengubah pola pikir Anda, dan mempersiapkan diri dengan baik, Anda dapat mengatasi kecemasan sosial tersebut, Cobalah beberapa strategi ini dan lihatlah bagaimana perasaan Anda berubah menjadi lebih percaya diri dan nyaman dalam situasi sosial yang menegangkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline