Lihat ke Halaman Asli

Teknologi Informasi di Masa Pandemi

Diperbarui: 13 Mei 2022   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membawa dampak pada terbatasnya aktivitas manusia akibat social distancing dan physical distancing, menjadikan teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi dalam urusan pendidikan, bisnis, kesehatan, bahkan urusan agama dan aktivitas sehari-hari. Dengan diterapkannya teknologi informasi dapat memberikan efisiensi waktu dan biaya serta tenaga, dan tanpa disadari bahwa kehidupan manusia saat ini telah memiliki ketergantungan terhadap teknologi informasi ini.

Kegunaan Teknologi Informasi di tengah pandemi Covid-19 tersebut, diantaranya di bidang Pendidikan, yakni dengan mengadakan kelas Online, kemudian di bidang Pemerintahan dengan penyebarluasan informasi melalui website, sarana komunikasi melalui video conference. Pandemi covid-19 ini muncul dan memaksa semua  masyarakat untuk dapat memanfaatkan teknologi yang ada terutama teknologi informasi dan Pandemi juga memaksa percepatan di sektor pendidikan. Pembelajaran sekolah jarak jauh ini memaksa anak-anak dengan dibantu dengan orang tua untuk tahu dengan internet. Akan tetapi, teknologi informasi atau internet di Indonesia belum merata di semua wilayah. Permasalahan ini muncul dan membuat pemaksaan terhadap pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah.

Penggunaan teknologi oleh pendidikan menciptakan pembelajaran tetap berjalan baik serta mendukung pemerintah dalam upaya menjaga physical distancing sesuai keadaan sekarang yang tidak memungkinkan untuk belajar tatap muka. Penggunaan teknologi pendidikan saat belajar mandiri saat ini merupakan salah satu usaha dalam media pembelajaran terbaru berbasis teknologi yang beraneka ragam serta menjadikan usaha terhadap teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan juga akan sangat membantu dan mudah dipahami dalam kehidupan sehari hari sebagai media pembelajaran yang memudahkan mahasiswa untuk mencari berbagai macam.

Pentingnya teknologi bagi pembelajaran sanggatlah tinggi, maknanya teknologi bagi pembelajaran adalah aplikasi media yang telah di buat secara modern dan dimanfaatkan untuk pembelajaran dengan begitu mahasiswa bisa dengan mudah mencari materi atau informasi pembelajaran di media sosial dengan sangat mudah. Manfaat teknologi bagi mahasiswa seperti menambah informasi, memudahkan akses belajar dan informasi karena informasi di media sosial lebih update sehingga para mahasiswa dengan mudah mencari informasi yang baru diperlukan sesama mahasiswa dan juga meningkatkan kemampuan belajar bagi mahasiswa.

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan tentunya memiliki berbagai macam dampak yang ditimbulkan. Adapun dampak dari segi positifnya antara lain:

  • Dapat dengan mudah dan cepat dalam melaksanakan tugas sehingga dapat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran.
  • Mempermudah pengguna (user) untuk menemukan apa yang mereka cari.
  • Mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui berbagai platform media
  • Pengembangan pendekatan pembelajaran baru yang dapat membantu siswa dan pengajar dalam proses pembelajaran, menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.
  • Adanya sistem pengolahan data berbantuan teknologi untuk hasil penilaian.
  • Adapun dampak dari segi negatifnya antara lain sebagai berikut:
  • Pembelajaran satu arah (E-learning/BDR) dapat menyebabkan terciptanya individu bersifat individual atau apatis, baik bagi pelajar dan pengajar, sebab sistem pembelajaran ini dapat dilakukan dengan hanya seorang diri.
  • Seringnya mengakses jejaring sosial dikhawatirkan tidak memanfaatkan teknologi secara optimal seperti malah mengakses hal-hal yang tidak baik misalnya pornografi, game online, dan sebagainya.
  • Penggunaan dalam menggunakan teknologi yang secara berlebihan dapat menjadikan para pengguna menjadi pecandu dari keberadaan dunia maya itu sendiri.
  • Beredarnya informasi yang tidak berlandaskan secara fakta atau sering disebut sebagai informasi hoax.

Contoh umum yang saat ini sedang kita lakukan mengenai pemanfaatan teknologi informasi pada masa pandemi ini adalah belajar secara daring dan WFH (Work From Home), dari sisi pemerintahan juga dalam hal menyebarkan informasi dapat berupa melalui website, atau juga video conference, saat ini juga sudah banyak teknologi digital yang digunakan untuk keperluan para pekerja, bahkan untuk dapat meningkatkan strategi pekerja, pembelajaran serta kesehatan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi sangat berperan penting dalam masa pandemi ini agar kegiatan atau aktivitas masyarakat dapat terus berjalan meskipun banyak perbedaan yang muncul, artinya kita harus mulai membiasakan diri dalam situasi saat ini, memang masih banyak kekurangan dari sekedar memanfaatkan teknologi informasi ini. Namun, banyak pula manfaat dan tentunya kemudahan yang bisa tercipta berkat teknologi informasi pada era pandemi ini, semoga untuk kedepannya jaringan internet akan lebih merata di seluruh wilayah Indonesia demi terciptanya kemajuan teknologi yang bermanfaat.

 

Referensi

Adi, Oka, Wati. 2021. Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses pada 12 Mei 2022. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/32803

Laili, Khusna, Ayu, Asyharinur. 2020. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Diakses pada 12 Mei 2022. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/138

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline