Banyak hal yang perlu kalian pertimbangkan dalam pembuatan artikel blog ataupun website, terutama jika kalian masih dalam proses pengembangan blog atau website sebagai bagian dari strategi marketing brand ataupun perusahaan.
Agar strategi pemasaran berhasil, kalian harus memastikan artikel yang dibuat tidak hanya interaktif, tetapi juga harus memiliki performa yang baik di mesin pencarian.
Bagaimanakah cara menulis artikel yang SEO friendly agar memiliki performa yang baik di mesin pencarian?
Sebenarnya ada beragam metrik yang bisa menunjang performa artikel tersebut mudah ditemukan di mesin pencarian, untuk selengkapnya di bawah ini.
1. Panjang Judul pada Artikel Blog
Selain membuat judul konten yang menarik untuk pembaca, kalian juga harus memperhatikan dalam penulisan judul artikel agar memiliki performa yang baik di mesin pencarian seperti Google.
Faktor pada penulisan judul artikel dapat memengaruhi traffic dan keterlibatan pembaca di blog kalian.
Artikel dengan panjang judul lebih dari 10 kata memiliki performa yang lebih baik daripada judul yang lebih pendek antara 7 hingga 10 kata.
Bahkan, artikel dengan panjang judul 10 kata atau lebih juga bisa mendapatkan 5 kali backlink serta 2 kali traffic dan share lebih tinggi daripada artikel dengan judul yang pendek.
Selain itu, judul yang memiliki 7 kata dianggap tidak menarik. Hal ini terlihat dari traffic yang dua kali lebih sedikit daripada artikel yang memiliki judul 7 hingga 10 kata.