Lihat ke Halaman Asli

Jalani Hidup Sehat, 1 Tahun Rela Meninggalkan Minuman Manis

Diperbarui: 26 Desember 2023   21:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: dokumen pribadi

Siapa yang tidak suka minuman manis? Rasanya yang enak dan menyegarkan dapat membuat kita merasa lebih bersemangat dan terkadang juga dapat menghilangkan rasa lelah.

Namun, sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa minuman manis yang sering kita konsumsi dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Dari sisi kesehatan, minuman manis dapat meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, banyak orang yang mulai sadar dan memilih untuk menjalani hidup sehat dengan mengurangi konsumsi minuman manis, bahkan ada yang rela untuk tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Contohnya saja saya yang rela menahan diri dari minuman manis demi menjalani hidup yang lebih sehat. Sejak awal tahun 2023, saya telah memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi minuman manis seperti soda, teh manis, dan minuman lainnya yang mengandung gula.

Pada akhirnya saya merasakan beberapa manfaat dari keputusan tersebut dan ingin berbagi pengalaman serta tipsnya dalam menjalani hidup sehat tanpa minuman manis.

Keputusan untuk berhenti meminum minuman manis memang tidak semudah yang dibayangkan. Saat pertama kali mencoba, saya merasakan keinginan yang kuat untuk kembali mengkonsumsi minuman manis. Namun saya tetap berjuang dan bertekad untuk terus menjalani hidup sehat.

Apapun yang saya minum meskipun itu kopi ataupun teh, maka kopi dan teh tersebut tidak boleh dicampuri dengan gula sedikit pun. Biarpun rasanya hambar dan pahit, hal itu merupakan langkah untuk menjalani hidup yang sehat. Toh nanti lama kelamaan hal ini juga akan menjadi lebih terbiasa.

Terkadang saya memang merasa sulit untuk menahan diri dari godaan meminum minuman manis, namun saya selalu mengingat manfaat yang akan didapatkan dari menjalani hidup sehat tanpa minuman manis. Diantaranya seperti badan terasa lebih bugar, berat badan stabil, dan tentunya lebih sehat secara keseluruhan. Selain itu, saya juga tidak lagi khawatir dengan risiko penyakit yang dapat ditimbulkan oleh konsumsi minuman manis.

Bagi saya pribadi, menjalani hidup tanpa minuman manis bukanlah sekedar keinginan yang hanya dilakukan sementara. Namun lebih dari itu, hal ini merupakan sebuah gaya hidup yang saya pilih untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Saya juga berharap apa yang telah saya lakukan ini dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama dan mengajak mereka untuk bergabung dalam menjalani hidup sehat tanpa minuman manis.

Dengan menjalani hidup sehat tanpa minuman manis, tentunya kita dapat menghindari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan dan produktivitas kita. Serta dapat dijadikan contoh yang baik bagi generasi muda untuk menjaga kesehatan tubuh mereka dengan menghindari konsumsi minuman manis yang berlebihan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline