Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Fatra Arganda Saragih

Mahasiswa Prodi Kimia Murni 2021 Universitas Negeri Medan

Analisis Mengenai Peran Orang Tua dalam Mendukung Proses Pembelajaran dari Rumah

Diperbarui: 3 November 2021   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dolok merawan, Senin (01/11/2021)

Dalam tugas projek kuliah saya ini, Dosen meminta untuk melakukan suatu penelitian yang nantinya akan menghasilkan data primer dari proses pengumpulan data yang dilakukan.

Pada tugas penelitian ini saya mengambil judul “Analisis Mengenai Peran Orang Tua dalam Mendukung  Proses Pembelajaran Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19” yang mana topik ini merupakan peristiwa yang cukup berdampak pada masa pandemi ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi peran dan keterlibatan orang tua dalam kegiatan pembelajaran dari rumah di masa pandemi Covid-19 dan mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung orang tua dalam mendorong pembelajaran secara daring.

Untuk mengupulkan data penelitian, penulis melakukan wawancara dengan narasumber beberapa orang tua siswa SMP dan SMA di desa Limbong. Orang tua sangat diperlukan dalam proses pembelajaran secara daring di rumah, orang tua juga di perlukan dalam memberikan edukasi kepada anak mereka mengenai pandemi covid-19 untuk selalu berdiam di rumah guna untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Berdasarkan Siaran Pers, Nomor; 137/sipres/A6/VI/2020 Aturan Kemendikbud yang sudah beredar di kala pandemi Corona Virus (Covid-19) yaitu menciptakan peristiwa yang menarik dalam lingkup pendidikan di Indonesia terutama walaupun pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) sudah menyebar secara luas. Menurut sumber dari bbc.com sudah sampai 209 negara serta sudah memporak-porandakan seluruh aspek kehidupan manusia yang bermartabat, mulai kesehatan, pendidikan, sosio-komunikasi dan sosio-ekonomi, bahkan menyentuh dimensi implementasi ke-agamaan.

Pelaksanaan pembelajaran dirumah banyak dari orang tua memberikan motivasi selama siswa dituntut untuk belajar dari rumah karena himbauan pemerintah mengenai covid-19, hal ini juga yang membuat tidak sedikit orang tua yang sengaja untuk meluangkan waktunya demi dapat membantu proses pembelajaran anaknya selama di rumah. Banyak dari orang tua yang setuju jika selama pembelajaran di rumah, orang tua lah yang juga ikut membantu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Walaupun tidak sedikit juga yang merasa hal ini menjadi tambahan aktivitas orang tua selain mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Hal ini sesuai dengan pendapat (Abdulrachman, 2020) bahwa mendampingi anak belajar dari rumah, sambil orangtua mengerjakan pekerjaan yang harus diselesaikan dari kantor atau dari rumah memang menjadi tantangan tersendiri, yang perlu dingat adalah orangtua di rumah bukan untuk menggantikan semua peran guru di sekolah.

Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan beberapa siswa SMP dan SMP di desa Limbong menjadi populasi pada penelitian ini. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini yaitu dengan metode sistem Simple Random Sampling, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan menarik simpulan mengenai suatu variabel yang diteliti berdasarkan data atau informasi yang diperoleh untuk digeneralisasikan pada populasi.

Waktu yang di perlukan pada penelitian ini yaitu selama 3 hari, dan adapun tempat dalam penelitian ini adalah beberapa rumah siswa SMP dan SMA di desa Limbong.

Dari penelitian yang telah dilakukan kami mendapatkan dua hasil yaitu antara lain:

1. Peran orang tua terhadap penerapan pembelajaran di rumah pada masa pandemi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline