Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Fathurachman

Mahasiswa, Karyawan Swasta

Kegiatan KKNN5 Universitas Budi Luhur Mengedukasi Masyarakat Sekitar RPTRA Puspita dalam Pemanfaatan Digitalisasi

Diperbarui: 21 Desember 2022   00:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kelompok KKN N5 Universitas Budi Luhur kali ini berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan KKN di RPTRA PUSPITA tepatnya di Jl. H. Gari No.8, RT.1/RW.3, Pesanggrahan, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12320. Dengan mengusung tema “PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL KEPADA MASYARAKAT”, kelompok KKN N5 mengedepankan pengembangan literasi digital kepada masyarakat, agar dapat memanfaatkan era digitalisasi ini dengan lebih bijak lewat kegiatan penyuluhan kepada masyarakat.

Dokpri

Dokpri

Menyadari bahwa banyaknya berita hoaks yang beredar diantara masyarakat, maka dari itu kita harus memilah berita-berita yang beredar agar tidak menjadi bahan provokasi atau pula menyesatkan. Kelompok KKN N5 memberikan penyuluhan yang bertujuan untuk penyaringan berita hoaks kepada masyakarat, dengan begitu masyarakat bisa lebih paham dan memilah-milah berita antara hoaks dan yang asli.

Dan pada era digitalisasi ini kelompok KKN N5 juga memberikan penyuluhan tentang perkembangan teknologi dan pemanfaatan media digitalisasi.

Dokpri

Dokpri

Kelompok KKN N5 juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar RPTRA PUSPITA khususnya untuk ibu-ibu dengan tema Literasi Digital Pada UMKM dan Strategi Pemasaran di Era digital. Menyadari bahwa banyaknya peserta yang sudah terjun dalam UMKM, penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi peserta penyuluhan untuk mendapatkan pengetahuan dalam dunia bisnis di era digital.

Selain itu kelompok KKN N5 juga mengadakan acara yang bertujuan melatih kreativitas anak dengan mengadakan kegiatan lomba mewarnai. Para peserta lomba mewarnai sangat antusias mengikuti kegiatan yang ada. selain lomba mewarnai kelompok KKN N5 juga mengadakan kegiatan melatih kreativitas anak dengan menggunakan foto polaroid yang di foto oleh pesertanya sendiri, dan menempelkannya pada media dan peserta menuliskan cita-cita keinginannya pada masa depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline