Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Fathan

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Prodi Jurnalistik

Memahami Definisi, Bentuk, dan Strategi Dakwah yang Efektif

Diperbarui: 15 Juni 2024   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Oleh: Syamsul Yakin dan Muhammad Fathan Sahl (Dosen dan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Ruang lingkup adalah cakupan materi yang dibahas atau dipelajari, seperti tujuan, lokasi dan lain-lain. Oleh karena itu, ruang lingkup dakwah adalah cakupan materi pokok bahasan dan subtopik meliputi, pengertian, bentuk-bentuk dakwah, unsur-unsur dakwah seperti dai, madhu, maddah (materi dakwa), dan media dakwah. Ruang lingkup dakwah meliputi sasaran dakwah, faktor keberhasilan dakwah, dan  hubungan dakwah dengan ilmu-ilmu lain terkait lainnya.

Dakwah, secara bahasa, merupakan sebuah kata dalam bahasa Arab yang artinya bentuk masdar. Dalam bahasa Indonesia kata ini berarti memanggil dan  menyeru. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa kegiatan dakwah melibatkan partisipasi manusia, baik khatib (da’i) maupun yang didakwahi (mad’u). Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya, dakwah merupakan kerja dan karya besar manusia.

Secara ontologis, makna tertinggi dakwah adalah suatu bentuk komunikasi yang khusus (khas) yang dilakukan oleh seorang mubaligh (komunikator) menyampaikan pesan. Bersumber dari atau sesuai dengan ajaran al-Qur’an dan al-Sunah. Tujuannya adalah agar orang lain (mad’u) atau komunikator dapat melakukan perbuatan baik sesuai dengan pesan yang disampaikan.

Secara epistemologis, dalil-dalil tentang dakwah dapat ditemukan dalam al-Qur’an dan al-Hadits. Artinya, sumber ilmu yang bisa dijadikan rujukan untuk berdakwah semuanya bisa menggunakan metode bayani. Metode bayani menjelaskan persoalan dakwah dari ayat-ayat al-Qur’an yang diperjelas oleh ayat lain, atau ayat al-Qur’an yang diperjelas oleh hadits Nabi, atau hadits Nabi yang diperjelas oleh hadits yang lain.

Secara umum, jika dilihat secara aksiomatik, dakwah mempunyai banyak manfaat. Jika memperhatikan ayat dan hadits tentang dakwah, manfaat dakwah terbagi menjadi tiga. Pertama, manfaat bagi da’i, berupa menghilangkan kewajiban berdakwah dan menjadi orang baik di dunia dan di akhirat.

Ruang lingkup dakwah juga  mencakup bentuk-bentuk dakwah.
Ada tiga bentuk dakwah. Yang Pertama, adalah dakwah bil lisan. Itu memiliki arti yaitu lisan. Dakwah ini bersifat verbal. Isinya mencakup tiga pokok ajaran Islam, yakni akidah, ibadah, dan akhlak. Kedua, dakwah bilhal. Dakwah ini menekankan pada aksi. Seperti bidang, sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan bidang lainnya.

Daripada dakwah billisan, dahkwah bilhal ini lebih memiliki efek dakwah. Karena Mad’u bisa langsung merasakannya. Metode dakwah bilhal bukanlah bilhikmah, khotbah, atau diskusi, melainkan tindakan praktis di lapangan. Ketiga, dakwah bilqalam. Artinya berdakwah secara tertulis atau menulis untuk berdakwah. Hal ini sering disebut dengan dakwah literasi dan literasi dakwah.

Ruang lingkup dakwah juga mencakup unsur-unsur dakwah. Ada enam unsur dakwah. Keenam unsur ini tidak terpisah tetapi saling berkaitan. Unsur pertama adalah dai. Dai dituntut cerdas secara intelektual dan spiritual. Tidak hanya pandai berbicara tapi juga harus memberi contoh di depan mad'u. Dai berbeda dengan pembicara dan motivator. Dai mengemban misi suci untuk mengajak manusia berbuat baik dan menjaga diri dari dosa.

Unsur yang kedua adalah mad'u atau objek dakwah. Mad'u juga dikenal sebagai padanan dakwah. Artinya mitra dakwah bagi dai. Secara sosial, mad'u ada yang berasal dari kalangan kelas atas, menengah, dan bawah. Unsur ketiga adalah materi dakwah atau biasa disebut maddah. Materi dakwah seringkali mencakup akidah, syariah, dan akhlak. Ketiganya diambil dari al-Qur'an dan hadits Nabi, termasuk karya para ulama baik klasik, abad pertengahan, dan kontemporer.

Unsur keempat adalah media dakwah. Media terus berkembang seiring berkembangnya zaman. Sebelum ada alat media dakwah tradisional, dulu ada alat komunikasi kuno, saat ini ada media baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline