Lihat ke Halaman Asli

Muhammad FaridHilmy

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Menerapkan Pancasila dalam Bersosial Media

Diperbarui: 19 April 2023   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pancasila sebagai dasar keutuhan negara Indonesia merupakan buah manis dari perjuangan para pahlawan kita. Bungkarno sebagai salah satu dari tiga perumus pancasila pernah berkata , "Berikan aku 10 pemuda maka akan kuguncangkan dunia". Yang memilki arti sangat dalam bahwa para pemuda atau generasi penerus bangsa adalah tongkat estafet dalam keharmonisan persatuan dan kesehjateraan bangsa Indonesia. Dalam perkembangan digitalisasi dan momen langka bonus demografi yang terjadi Indonesia sampai tahun 2035, tentunya harus memiliki dampak positif tersendiri bagi bangsa.

Era globalisasi memiliki dampak negative dan positif. Dampak negative nya. pancasila sendiri terkadang di lupakan oleh masyarakat Indonesia khusus nya generasi milenial karena terlalu nyaman dalam arus kebudayaan yang datang dari luar, hal ini tentu dapat menjadi ancaman Non-militer yang sangat serius yang dapat menyebabkan hilang nya budaya atau norma Indonesia yang telah lama ada, juga gairah untuk berkompetisi dapat menurun sehingga menurunkan kualitas SDM karena pola pikir "Ikut Trend" sehingga pemikiran otak cenderung jalan di tempat tanpa memikirkan hal baru.

Tetapi sosial media memiliki dampak positif. Sekarang masyarakat Indonesia mudah dalam memberikan pendapat terhadap kebijakan pemerintah yang dirasa kurang tepat untuk kemajuan negara tercinta Indonesia. Cara pendahulu kita yang berjuang dengan mengangkat senjata kini telah di gantikan dengan cara yang lebih modern, jika dahulu Indonesia melawan penjajahan untuk kemerdekaan, kini Indonesia berjuang melawan para pejabat negara yang suka bermain kotor di balik meja dengan istilah "Memviral kan", yang tentu harus didasari dengan bukti yang kuat. Contoh kasus baru adalah seorang pemuda bernama Bima Yudho Saputro di akun Tiktok nya dengan Username Awbimax Reborn, yang berasal dari Lampung. Dalam konten nya Bima mengkritik Bupati Lampung karena banyak nya fasilitas umum yang dirasa oleh nya tidak pernah berkembang, salah satunya adalah rusaknya jalan raya yang tentu sangat penting untuk mobilisasi masyarakat sehari-hari dalam berkegiatan. Bima telah berhasil menggunakan mediasosial nya sebagai contoh penerapan pancasila dalam berdemokrasi. Dalam sila yang ke-2 yang berbunyi "Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab", dan sila ke-3 yang berbunyi "Persatuan Indonesia"  memiliki arti bahwa kita harus berani membela kebeneran dan keadilan dan rela berkorban untuk kepentingan bersama.

 Oleh karena pancasila sebagai dasar negara harus selalu menjadi dasar kebijakan dalam menggunakan sosial media, agar norma budaya dan normal lainnya tetap terjaga dan tetap di lestarikan oleh para penerus generasi, jangan karena hanya "Ikut trend" kita lalai dalam menjaga nilai pancasila dalam kehidupan keseharian.

Referensi:

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline