Lihat ke Halaman Asli

muh farid nur z

Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA,Universitas Pancasakti Tegal

Classical Test Theory dan Item Response Theory

Diperbarui: 17 Maret 2023   22:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori Tes Klasik atau Classical Test Theory (CTT) adalah salah satu pendekatan yang digunakan dalam dunia pengukuran psikologis. Teori tes klasik juga dikenal sebagai teori skor murni. Hal ini terkait dengan fokus teori tes klasik, yang ingin melihat skor murni dari hasil yang terlihat. Teori ini dikembangkan oleh Charles Spearman pada tahun 1904 dan masih digunakan sampai sekarang. Spearman mengembangkan CTT dengan menggabungkan konsep error dan korelasi.

CTT adalah teori psikometri yang populer dan banyak digunakan dalam berbagai disiplin ilmu (psikologi, pedagogi, dan ilmu sosial lainnya). Istilah "klasik" digunakan tidak hanya untuk merujuk pada kronologi model ini, tetapi juga untuk memberikan kontras dengan teori psikometri yang lebih baru yang dikenal sebagai teori item-respons, yang sering disebut sebagai "teori modern". Ada beberapa perbedaan antara teori tes klasik dan teori respon kelompok.

Dari segi pendekatan, teori tes klasik mengambil pendekatan deterministik (kepastian) dimana fokus utama analisisnya adalah skor total individu (X). Setiap pengujian memiliki error (E) yang berhubungan dengan setiap hasil pengukuran dalam mengukur sifat manusia. Skor bersih (T) dan kesalahan (E) keduanya merupakan variabel laten, tetapi tujuan dari tes ini adalah untuk menyimpulkan skor bersih individu. Skor item-spesifik juga dapat ditentukan sebagai benar dan salah, misalnya, orang tersebut menerima skor 1 untuk jawaban yang benar dan 0 untuk jawaban yang salah.

Pada saat yang sama, IRT berfokus pada kemungkinan menjawab setiap pertanyaan, yang tidak menilai jawaban berdasarkan skor total orang tersebut, melainkan mempertimbangkan jawaban/tanggapan orang tersebut pada tingkat objek. Penilaian juga tidak didasarkan pada nilai 1 atau 0, melainkan pada kemungkinan seseorang akan menerima nilai 1 atau 0.

Teori Respon Butir

Teori Responsi Butir (Item Response Theory disingkat IRT)juga dikenal sebagai Latent Feature Theory (Latent Trait Theory disingkat L TT) atau Kelengkungan karakteristik objek (Item Characteristic Kurva e disingkat ICC). untuk memfasilitasi Hanya istilah IRT yang digunakan di sini. 

Seperti disebutkan di atas, pada dasarnya IRT berusaha mengatasi kelemahannya tersedia dalam ukuran klasik. dengan IRT probabilitas jawaban yang benar dari siswa, karakteristik atau parameter item dan properti atau parameter Peserta tes dihubungkan dengan model pola yang harus diikuti oleh setiap kelompok Uji subjek dalam kelompok yang sama dengan penguji. Itu biji-bijian harus sama untuk sampel yang berbeda sesuai dengan aturan formula ini atau peserta ujian sama untuk benda uji yang berbeda harus mengikuti rumus ini. 

Di dalam Proses seperti itu terjadi dalam apa yang disebut Invariansi antara subjek tes dan penguji. Pada pengukuran modern, kesulitan objek tidak relevansegera setelah kemampuan terdakwa. Perbedaan utama antara pengukuran klasik dengan pengukuran modern terletak pada invariant 4Menskor di mana skor modern berada Invarian (tidak berubah atau tetap) untuk item ujian dan peserta ujian. Bahwa invarian dari parameter item tes dari sekelompok penguji adalah fungsi Fitur utama IRT. 

Kami biasanya Anggap saja sebagai indeks kesulitan item tes proporsi jawaban yang benar membuatnya sulit Bayangkan betapa sulitnya index Pengujian dapat bersifat invarian untuk grup Peserta tes dari berbagai tingkat keterampilan. The Goal Responsiveness Theory membebaskan responden dan Sebutir saling ketergantungan, ya. tingkat kesulitan Item tidak lagi bergantung pada kemampuan mesin penjawab Kapasitas terdakwa sudah tidak ada lagi tergantung tingkat kesulitan artikel. Melalui Independensi kesulitan item dan Kemampuan responden untuk memilih item mana yang akan dipilih sesuai dengan responden.

Dalam kasus permainan - antara tingkat kesulitan dan kemampuan item tersebut maka orang yang diwawancarai: Jika gravitasi butir diketahui, dapat ditentukan kesanggupan hukum terdakwa. Jika kemampuan responden diketahui, tingkat kesulitan objek dapat ditentukan. Proporsi jawaban benar di dalam sebuah kelompok peserta tes tidak secara nyata mengukur kesulitan tes tersebut. Proporsi tersebut tidak hanya menjelaskan butir tes tetapi juga kelompok peserta yang dites. 

Ini merupakan suatu tujuan dasar untuk kesepakatan analisis statistik butir tes, yang dikenal dengan istilah invariansi. Dalam teori responsi butir taraf sukar butir dan daya beda butir tes tetap sama, walaupun butir tes tersebut diselesaikan oleh kelompok peserta tes yang berbeda. Untuk itu, teori responsi butir mengembangkan model yang menghubungkan parameter butir dengan kemampuan peserta tes.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline