Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Amikom Yogyakarta Angkatan 2021 Terapkan Digital Marketing kepada Komunitas Surf di Pantai Wediombo

Diperbarui: 28 Desember 2023   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada tahun ini, tepatnya pada Minggu (12/27/2023). mahasiswa Amikom Yogyakarta angkatan 2021 berkesempatan untuk menjalin kerja sama dengan kkomunitas surfing yang ada di pantai Wediombo, Kerja sama ini guna pengabdian penuh dan dedikasi teman-teman mahasiswa Amikom kepada masyarakat khususnya masyarakat pantai Wediombo.

Komunitas Wediombo atau Wediombo Society sendiri merupakan sebuah komunitas besar yang bergerak untuk beberapa kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan pantai Wediombo, salah satu turunan kegiatan yang dimiliki Wediomobo Society sendiri adalah Wediombo Surf Lesson. Komunitas Wediombo memiliki sebuah sekolah atau guide untuk olahraga surfing bagi para pengunjung yang ingin menikmati ombak pantai, adanya surf lesson ini tidak jauh dari asal-usul berdirinya komunitas pantai Wediombo itu sendiri. Komunitas ini berdiri dari minat olahraga surfing yang ada di pantai Wediombo.

Pada kesempatan ini, program kerja tim mahasiswa Amikom terfokus pada pengembangan marketing digital, menurut Andhika Wildan sebagai ketua tim mahasiswa, "komunitas pantai di Wediombo ini memiliki potensi yang tinggi jika penerapan marketing digitalnya dikembangkan semaksimal mungkin".

Pengembangan digital pertama yang kami lakukan salah satunya adalah pembuatan E-Book, E-Book ini akan dimanfaatkan guna edukasi kepada masyarakat khususnya pengunjung pantai Wediombo mengenai olahraga surfing, E-Book yang berjudul "Wediombo Education Book" berisi tentang apa itu surfing, manfaat hingga perisapan apa saja yang dilakukan untuk mencoba olahraga surfing, pembuatan buku ini diharap dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap olahraga surfing dan meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga surfing. Kita juga memproduksi sebuah company profile berbentuk sebuah video, tujuannya produksi tersebut juga sama dengan E-Book, Andhika mengetakan bahwa hal paling penting untuk meningkatkan pengunjung pantai terutama pengunjung surfing adalah kenal atau tidaknya mereka tentang olahraga dan komunitas.

Kerja sama pengembagan digitalisasi juga melakukan branding media sosial khususnya media sosial Instagram yang dimiliki komunitas pantai Wediombo. Diambil dari analisa tim Mahasiswa, kami menyimpulkan bahwa manajemen sosmed masih kurang diperhatikan, kita melihat bahwa akun komunitas dan akun sekolah surfing masih menjadi satu media. Teman-teman mahasiswa memberi solusi untuk memishakan kedua jenis akun dengan membuatkan akun komunitas guna kepentingan komunitas dan akun lama diubah menjadi akun yang mengfokuskan kepada promosi surfing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline