Lihat ke Halaman Asli

Seminar Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Bisnis di Desa Cikahuripan Lembang

Diperbarui: 10 Maret 2023   15:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pematerian/dok.pribadi

Salah satu tujuan dari SDGs sangat relevan dengan upaya meningkatkan daya saing bisnis di Desa Cikahuripan melalui program kerja kami yakni Seminar Digital Marketing. Seminar tersebut salah satu upaya untuk mengembangkan bisnis di era digital saat ini. Pada seminar tersebut, peserta akan mempelajari teknik-teknik pemasaran digital yang dapat membantu meningkatkan daya saing bisnis di pasar global. Hal ini tentu saja selaras dengan tujuan ke-8 SDGs, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dimana salah satu indikatornya adalah meningkatnya akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi. 

Pemanfaatan teknologi digital marketing dalam memasarkan produk-produk lokal dapat membantu mengangkat perekonomian masyarakat setempat khususnya Di Desa Cikahuripan. Selain itu, upaya ini juga mendukung tujuan SDGs ke-1 yaitu Pengentasan Kemiskinan, karena meningkatnya pendapatan masyarakat dapat membantu mengurangi angka kemiskinan.

Dengan melihat salah satu tujuan SDGs tersebut, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia memiliki misi untuk membantu masyarakat desa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada masyarakat. Desa Cikahuripan Lembang merupakan desa yang dipilih oleh kelompok KKN kami. Pada desa tersebut khususnya pada RW 05 terdapat beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  yang kurang dalam pemanfaatan digital marketing untuk mengembangkan bisnis, oleh karena itu kami menyelenggarakan kegiatan Seminar Digital Marketing sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing bisnis di Desa Cikahuripan dan mendorong tercapainya tujuan SDGs

Pada tanggal 19 Februari 2023, kelompok 17 KKN UPI mengadakan seminar digital marketing di Desa Cikahuripan sebagai upaya meningkatkan daya saing bisnis di desa tersebut. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang strategi pemasaran berbasis digital dan metode sederhana dalam peningkatan pemasaran produk UMKM seperti SEO dan media sosial. Dalam seminar ini, peserta diajak untuk memahami pentingnya digital marketing dalam era modern dan bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar. Diharapkan dengan adanya seminar ini, para pelaku usaha di Desa Cikahuripan dapat meningkatkan daya saing bisnis mereka dan mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya di era digital saat ini. kegitatan pertama yang dilakukan adalah penyampaian pematerian 

Kegiatan Diskusi/dok.pribadi

Setelah penyampaian materi, dilakukan juga sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta untuk memastikan bahwa mereka telah memahami dengan baik materi yang telah disampaikan. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan tantangan dalam pemasaran produk atau jasa mereka sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih luas.

foto bersama pemateri/dok.pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline