Lihat ke Halaman Asli

Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi Pandemi Covid-19

Diperbarui: 2 Juni 2021   18:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan corona virus atau Covid-19, banyak negara yang terkena dampak virus ini, termasuk di Indonesia. Untuk itu pemerintah mengambil kebijakan dengan menerapkan Social Distancing untuk meminimalisir penularan COVID-19. 

Sosial distancing sendiri merupakan suatu tindakan dimanasetiap orang diharuskan agar tidak berdekatan antara satu dengan yang lainnya. 

Dengan menghindari segala macam perkumpulan atau pertemuan untuk mencegah COVID-19. Oleh karena itu segala platform yang paling banyak dimanfaatkan di dunia pendidikan ialah ZoomMeeting.

Sistem belajar jarak jauh memang sangat baik saat kondisi darurat seperti ini, bentuk penugasan menjadi hal yang paling efektif untuk pembelajaran jarak jauh. 

Para pengajar dapat memberikan tugas melalui aplikasi whatsapp, zoom, google classroom, dan aplikasi lainnya yang dinilai dapat membantu untuk sistem belajar melalui sistem daring. Semenjak awal pandemik di Indonesia, telah banyak unviersitas maupun sekolah yang mulai menggunakan sistem belajar online. 

Salah satu sekolah yang menerapkan sistem belajar online, yaitu MAN 1 Tangerang, yang saat ini sudah mulai menerapkan system belajar mengajar melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings.Sistem belajar mengajar menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings, merupakan sistem yang diterapkan secara online melalui perangkat smartphone atau perangkat komputer.

Hal ini sebagai penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang, namun sistem pembejalaran diharapkan dapat terus berjalan dengan baik dan lancar meskipun secara online. 

Salah satu alasan sekolah tersebut menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings adalah agar siswa-siswi serta para pengajar dapat berinteraksi untuk melakukan proses belajar mengajar darirumah.

Selain itu aplikasi Zoom Cloud Meetings ini memiliki fitur -- fitur pendukung, seperti fitur share screen sehingga para pengajar dapat menampilkan slide presentasinya melalui fitur tersebut, kemudian fitur video dapat dipakai agar para pengajar dapat melihat para murid saat sedang belajar, dan vitur audio agar pengajar dan juga para murid dapat berinterasi melalui fitur audio. 

Melalui Zoom para guru dapat langsung berkomunikasi secara visual, dengan memberikan berbagai materi pelajaran dengan petunjuk langsung kepada para murid -- muridnya. Beralih kota pedalaman, kota yang masih dalam perkembangan. 

Bagaimana keadaan jika hal ini ingin diperadakan yakni belajar dari rumah.Menurut pendapat kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Drs.H. Syaifullah,MM, kebijakan untuk para siswa belajar di rumah, bukan berarti bahwa proses belajar mengajar ditiadakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline