Lihat ke Halaman Asli

Muhammad FakhriSaleh

Mahasiswa, Ilmu Keolahragaan, Universitas Singaperbangsa Karawang

Manfaat yang Didapatkan ketika Diet Nasi

Diperbarui: 3 Juni 2023   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Diet menurut kamus KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan. Diet adalah cara untuk mengatur jumlah makan dan minum yang masuk ke dalam tubuh, diet dilakukan untuk mencapai berat badan yang ideal. Pengertian diet untuk banyak orang sangat berbeda-beda, karena semua orang memiliki maksud dan tujuan yang ingin dicapai ketika melakukan program diet.

Program diet saat ini ada berbagai macamnya dan setiap program yang dilakukan orang lain tidak tentu akan sama hasilnya dengan program diet yang akan dilakukan oleh orang yang melakukan diet yang sama. Maka dari itu lebih baik sebelum melakukan program diet berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter atau ahli gizi, supaya mengetahui Angka Kebutuhan Gizi harian yang dibutuhkan.

Diet tidak untuk orang dewasa saja, diet juga bisa dilakukan bagi anak-anak dan remaja tetapi program diet yang dijalankan berbeda dengan diet orang dewasa. Diet tidak hanya mengatur pola makan, program diet juga dilakukan untuk menjaga berat badan ideal.

Setiap aktivitas tubuh ditopang dengan sistem kerja berbagai organ tubuh. Maka dari itu tubuh membutuhkan tenaga, tenaga yang dibutuhkan tubuh yaitu makanan yang kita makan setiap harinya, maka dari itu makanan yang dikonsumsi harus pas dengan aktifitas yang dilakukan setiap harinya, karena tidak boleh sembarang memasukkan makanan ke dalam tubuh, apabila mengkonsumsi makanan yang tidak baik ke tubuh, maka zat yang terkandung dalam makanan itu bisa mempengaruhidaya tahan tubuh serta memperlambat kinerja metabolisme tubuh.

Diet nasi adalah diet yang memiliki tinggi karbohidrat, rendah lemak, dan rendah protein. Diet ini menampilkan defisit kalori, pengurangan natrium, dan dapat membantu beberapa orang menurunkan berat badan serta mencapai kesehatan yang lebih baik. Diet nasi dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan secara sehat. Tidak hanya itu, diet nasi putih juga bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan, terutama untuk membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

Seberapa efektif diet nasi putih untuk turun berat badan?

Dilansir dari Style Craze, alasan diet ini bisa efektif karena diet ini berfokus pada makanan tinggi karbohidrat kompleks, membatasi produk susu, dan mengonsumsi makanan rendah sodium. Sementara asupan natrium harian yang rendah dapat mencegah tubuh menyimpan kelebihan berat air dan mampu untuk mengurangi tekanan pada ginjal. Diet rendah kalori diperbolehkan pada awalnya yang kemudian ditingkatkan hingga 1200 kalori per hari sehingga dianggap tetap sehat. Singkatnya, diet nasi dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan defisit kalori, pengurangan lemak dan makanan olahan, serta perubahan gaya hidup.

Manfaat dari diet nasi

Manfaat dari diet ini adalah membantu anda yang sedang melakukan proses diet untuk mempelajari kontrol porsi makanan dan membantu anda untuk memulai makan lebih banyak buah dan sayuran segar. Dengan melakukan diet ini mungkin juga sangat membantu bagi seseorang yang memiliki kondisi jantung yang mengharuskan makan makanan yang rendah sodium dan lemak.

Salah satu manfaat terbesar dari diet nasi adalah menantang gagasan bahwa karbohidrat adalah hal yang buruk. Sebab, begitu banyak diet dan rencana kesehatan yang berfokus pada makan makanan dan makanan rendah karbohidrat.  Sebenarnya, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara efisien. Otak membutuhkan glukosa untuk digunakan sebagai bahan bakar.  Sementara diet nasi berfokus pada karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi jalar, atau oatmeal, dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti kukis dan keik.

yang memberi energi untuk tubuh nyatanya memiliki manfaat jika tidak dikonsumsi. Saat Anda tak mengatur porsi nasi putih maka selain bisa menaikkan berat badan juga membahayakan kesehatan tubuh.

Manfaat ini akan terjadi pada tubuh saat melakukan diet nasi putih, seperti:

1. Jauh dari sembelit

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline